KAI dan Polda Sumbar Gelar Operasi Tilang Humanis di Perlintasan Kereta Api

KAI dan Polda Sumbar Gelar Operasi Tilang Humanis di Perlintasan Kereta Api

KAI dan Polda Sumbar gelar operasi tilang humanis di perlintasan kereta api. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id – PT KAI Divre II Sumatera Barat bersama Polda Sumatera Barat menggelar operasi tilang di tempat bagi pelanggar lalu lintas di perlintasan sebidang kereta api. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan di perlintasan kereta api.

Operasi tilang yang dilaksanakan di JPL 07 KM 6+850 petak jalan Bukitputus-Padang ini tidak hanya sekedar penindakan, namun juga dibarengi dengan sosialisasi dan pemberian edukasi kepada masyarakat.

Vice President KAI Divre II Sumatera Barat, Sofan Hidayah, menekankan bahwa kegiatan ini dilakukan secara humanis dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan.

"Kami ingin masyarakat memahami bahwa melanggar aturan di perlintasan kereta api sangat berbahaya, tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi pengguna kereta api lainnya," ujar Sofan, dikutip Jumat (20/9/2024).

Sebagai bentuk apresiasi, KAI Divre II Sumatera Barat juga memberikan hadiah berupa suvenir menarik kepada pengendara yang tertib berlalu lintas. Selain itu, stiker imbauan tertib lalu lintas juga dibagikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Data yang disampaikan KAI menunjukkan bahwa angka kecelakaan di perlintasan sebidang di wilayah Divre II Sumatera Barat masih cukup tinggi. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan angka kecelakaan tersebut, salah satunya adalah dengan penutupan perlintasan liar.

"Sampai saat ini, kami telah berhasil menutup sejumlah perlintasan liar. Namun, masih banyak perlintasan liar lainnya yang perlu dilakukan penutupan," tambah Sofan.

KAI Divre II Sumatera Barat berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin berlalu lintas. Selain itu, kerja sama antara KAI, Polda Sumatera Barat, dan seluruh stakeholder terkait juga sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan perlintasan kereta api yang aman dan nyaman.

"Keselamatan di perlintasan kereta api adalah tanggung jawab kita bersama. Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan dengan selalu mematuhi aturan lalu lintas," ajak Sofan. (*/Fs)

Baca Juga

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengunjungi rumah keluarga Nia Kurnia Sari (18) di Korong Pasa Surau, Nagari Guguak,
Kasus Pembunuhan Gadis Penjual Gorengan, Polda: Identitas Pelaku Sudah Mengerucut
Tim Unit Satwa Polda Sumbar melakukan pelacakan di Jorong Pasa Surau, Nagari Guguak, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman
Baju Gadis Penjual Gorengan yang Meninggal Terkubur di Padang Pariaman Ditemukan
Ditresnarkoba Polda Sumbar melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja hasil pengungkapan kasus selama satu minggu terakhir
Polda Sumbar Musnahkan Barang Bukti 51 Kg Ganja
Kapolda Sumbar Minta Maaf 2 Anggotanya Terlibat Perampokan Mobil Bawa Uang ATM
Kapolda Sumbar Minta Maaf 2 Anggotanya Terlibat Perampokan Mobil Bawa Uang ATM
Dua oknum polisi yang berdinas di Ditsamapta Polda Sumbar terlibat dalam aksi perampokan mobil pengangkut uang untuk pengisian mesin ATM.
2 Oknum Polisi Terlibat Perampokan Mobil Pengangkut Uang ATM di Sumbar
Dugaan kasus pemalsuan tanda‎ tangan Mamak Kepala Kaum Suku Koto Nan Baranam, Herry Chandra Dt. Kupiah telah dinyatakan lengkap atau P21
Berkas Kasus Pemalsuan Tanda Tangan Mamak Kepala Kaum di Padang Panjang P21