Melihat Rekam Jejak Fadly Amran Jelang Penetapan Calon Wali Kota Padang 

Fadly Amran Calon Wali Kota Padang

Calon Wali Kota Padang Fadly Amran

Infolanggam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang bakal menetapkan secara resmi pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota, Sabtu (21/9/2024). Salah satunya pasangan calon Fadly Amran dan Maigus Nasir.

Fadly Amran bukan nama baru dalam dunia politik Sumatra Barat. Sebelumnya, pria kelahiran 9 Februari 1988 itu menjabat Wali Kota Padang Panjang. 

Fadly saat ini juga tercatat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar. Ia ikut mengantarkan Partai Nasdem meraih 9 kursi di DPRD Sumbar. 

Sepulang dari Shoreline Community College dan Seattle University Amerika Serikat itu, dia aktif sebagai sekretaris umum hingga ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Padang.

Kiprah Fadly dalam organisasi kepemudaan berlanjut, mengantarkannya sebagai Ketua KNPI Kota Padang (2015-2018) dan Ketua KNPI Sumatera Barat (2018-2021).

Pengalaman memimpin di berbagai tingkatan ini kemudian membentuk jiwa kepemimpinannya, hingga pada usia 30 tahun, Fadly terpilih sebagai Wali Kota Padang Panjang pada Pilkada 2018.

Selama lima tahun memimpin Padang Panjang (2018-2023), Fadly menggulirkan 29 program unggulan yang berfokus pada inovasi dan kesejahteraan warga. Program-program seperti Smart City, Rumah Wirausaha, Bedah Warung, dan berbagai pembangunan infrastruktur lainnya mendorong kota ini sebagai salah satu yang paling inovatif di tingkat nasional.

Hal ini dibuktikan dengan raihan predikat "Kota Sangat Inovatif" dalam ajang Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri selama tiga tahun berturut-turut, sejak 2021 hingga 2023.

Padang Panjang juga menjadi kota pertama di Sumatra Barat yang meluncurkan Smart City. Fadly memimpin penerapan layanan digital seperti perizinan online, administrasi kependudukan online, dan penerapan tanda tangan digital dalam birokrasi, yang bertujuan meningkatkan transparansi dan mengurangi risiko KKN.

Komitmen Fadly dalam pengembangan kota cerdas membawa pengakuan internasional, termasuk undangan untuk berbicara di forum-forum bergengsi, seperti GovInsider Live di Bangkok dan Rising Fellowship di Singapura. Berkat dedikasinya, Fadly juga menerima penghargaan "Apresiasi Tokoh Indonesia" pada 2023.

Bagi Fadly, kepemimpinan bukan sekadar pencapaian prestasi, tetapi juga tentang membangun prinsip yang mendasari kemajuan berkelanjutan. Pemerintahannya di Padang Panjang dikenal bersih dan bebas dari KKN, dengan bukti raihan Survei Penilaian Integritas (SPI) tertinggi se-Sumatera Barat dari KPK pada 2022. Pemerintahan Fadly juga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK selama lima tahun berturut-turut.

Fadly tak hanya berkiprah di pemerintahan, tetapi juga aktif dalam organisasi sosial dan olahraga. Ia menjabat sebagai Ketua DPW Gebu Minang Sumatera Barat, Bendahara ICMI Sumbar, serta Ketua Persatuan Artis Film Indonesia Sumatera Barat. Di bidang olahraga, ia menjadi Ketua KONI Sumbar dan Ketua Pordasi Kota Padang Panjang.

Kini, setelah sukses memimpin Padang Panjang, Fadly meniti jalan baru di Kota Padang, berkomitmen untuk mendengar dan membawa perubahan yang diinginkan masyarakat. Fadly meyakini bahwa kepemimpinan adalah tentang keberlanjutan dan kemajuan, bukan sekadar kepentingan sementara. Ia siap mewujudkan harapan warga Padang demi kejayaan kota kelahirannya.

Sekilas Prestasi Fadly:

2019: Penghargaan Adipura, Nugra Jasadharma Pustaloka, Wahana Tata Nugraha, dan berbagai penghargaan layanan publik nasional.

2020: Penghargaan SAKIP, Ayah-Bunda Genre, dan Piala Natamukti.

2021: Penghargaan Nirwasita Tantra, Kota Layak Anak, dan Jasa Bakti Koperasi.

2022: Anugerah Kebudayaan PWI, DUKCAPIL BISA, dan Manggala Karya Kencana.

2023: Adipura, PPKM Award, Top BUMD Award, dan berbagai penghargaan internasional. (Haris)

Baca Juga

KPU Padang Panjang sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta Wali Kota
KPU Tetapkan DPT Padang Panjang 44.322 di Pilkada 2024
Kandidat Wali Kota Padang 2024, Fadly Amran, menyampaikan gagasan visionernya untuk Kota Tua dan Kampung Pondok. Kedua kawasan ikonik ini
Kampung Pondok: Pluralisme dan Geliat Ekonomi, Visi Fadly Amran untuk Padang
Bertemu Warga Banuaran, Fadly Amran Janjikan BPJS Gratis Jika Terpilih
Bertemu Warga Banuaran, Fadly Amran Janjikan BPJS Gratis Jika Terpilih
Peluncuran Kampanye Damai Pilkada Padang Panjang Digelar 24 September
Peluncuran Kampanye Damai Pilkada Padang Panjang Digelar 24 September
KPU Kota Padang membuka pendaftaran bagi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada 2024.
KPU Padang Butuh 10.409 Orang Calon Anggota KPPS, Ayo Buruan Daftar !
Progul Fadly-Maigus: Fokuskan Kota Padang Aman, Sehat, dan Pintar
Progul Fadly-Maigus: Fokuskan Kota Padang Aman, Sehat, dan Pintar