Maigus Nasir Ajak Mahasiswa UGRISBA Siapkan Diri Hadapi Era Generasi Emas 2045

Langgam.id – Universitas PGRI Sumatera Barat (UGRISBA) menggelar kegiatan Pengenalan Mahasiswa Baru (PMB) yang bertajuk "Membangun Generasi Cerdas dan Peduli yang Bermartabat dan Unggul, Menuju Era Generasi Emas 2045."

Acara ini menghadirkan Maigus Nasir sebagai pembicara utama, yang menekankan peran strategis UGRISBA dalam membentuk lulusan unggul di tingkat nasional dan lokal.

Dalam sambutannya, Maigus Nasir membuka pidato dengan pertanyaan yang menggugah, “Akankah Generasi Emas 2045 menjadi berkah atau justru bencana?”

Ia menekankan bahwa masa depan Indonesia berada di tangan generasi muda, khususnya para mahasiswa yang akan menjadi bagian dari bonus demografi pada 2045. Di mana 70 persen penduduk Indonesia berada di usia produktif.

Meski demikian, Maigus Nasir juga mengingatkan bahwa persaingan di masa depan akan semakin ketat, terutama dalam dunia kerja. "Persiapan yang matang, kompetensi, dan karakter unggul adalah kunci sukses untuk menghadapi tantangan tersebut," katanya, Kamis (19/9/2024).

Maigus Nasir kemudian mengacu pada dua referensi utama yang bisa dijadikan panduan menuju kesuksesan. Pertama, berdasarkan riset Thomas J. Stanley yang menyebutkan bahwa keberhasilan seseorang dipengaruhi oleh empat pilar: kejujuran, disiplin, kemampuan komunikasi yang baik dan kerja keras.

Kedua, ia mengajak mahasiswa untuk meneladani empat sifat Nabi Muhammad SAW—Shiddiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan kebenaran), dan Fathanah (cerdas)—sebagai fondasi bagi mereka yang bercita-cita menjadi pemimpin masa depan.

"Jika sifat-sifat ini kalian internalisasikan, sukses bukan hanya sebagai individu, tapi juga sebagai pemimpin bangsa bisa diraih," kata Maigus Nasir menutup sambutannya.

Acara PMB UGRISBA ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa baru untuk memulai perjalanan akademis dengan semangat baru, dalam rangka menciptakan Generasi Emas 2045 yang cerdas, peduli, dan siap menghadapi tantangan global. (Haris)

Baca Juga

Dalam kampanye terbarunya, Maigus Nasir menyampaikan janji penting terkait layanan kesehatan yang menjadi sorotan utama. Menurutnya, masalah
Maigus Nasir Janji Gratiskan BPJS untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Calon Wakil Wali Kota Padang, Maigus Nasir memperkenalkan program, Padang Melayani di komplek Perumnas Belimbing, Kecamatan Kuranji,
Maigus Nasir Usung Program Padang Melayani, Fokus pada Kesehatan dan Lansia
Calon Wakil Walikota Padang nomor urut 1, Maigus Nasir, menyapa warga Kampung Marapak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Jumat (4/10/2024).
Kampanye di Kuranji, Maigus Nasir Paparkan Program Padang Juara
Didukung Laskar Merah Putih di Pilwako, Maigus Nasir Paparkan Program Padang Amanah
Didukung Laskar Merah Putih di Pilwako, Maigus Nasir Paparkan Program Padang Amanah
Fadly Amran-Maigus Nasir Deklarasi Maju Pilkada Padang, Diusung Golkar hingga PDI Perjuangan
Fadly Amran-Maigus Nasir Deklarasi Maju Pilkada Padang, Diusung Golkar hingga PDI Perjuangan
Partai Nasdem Usung Fadly Amran dan Maigus Nasir di Pilkada Padang
Partai Nasdem Usung Fadly Amran dan Maigus Nasir di Pilkada Padang