227 Kafilah dari 5 Kecamatan Ikuti MTQ ke-41 Tingkat Kota Payakumbuh

Pemko Payakumbuh menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kota Payakumbuh. Acara pembukaan dilaksanakan di Mimbar Utama

Suasana pembukaan MTQ ke-41 tingkat Kota Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

InfoLanggam - Pemko Payakumbuh menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kota Payakumbuh. Acara pembukaan dilaksanakan di Mimbar Utama Masjid Istiqomah, Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Jumat (13/09/2024).

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara ini.

Ia menegaskan bahwa pelaksanaan MTQ ini adalah bukti komitmen Pemko Payakumbuh dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan semangat religius kepada masyarakat.

“Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan berbagai program keagamaan seperti pembinaan Lembaga Didikan Subuh, TPQ, MDTA, hingga pembinaan masjid, musala, dan rumah-rumah Alquran. MTQ ini adalah salah satu wujud nyata dari komitmen kami untuk memajukan nilai-nilai Islam di Payakumbuh,” ungkap Suprayitno dalam keterangannya.

Ia menjelaskan bahwa hasil MTQ ini akan menjadi dasar seleksi kafilah yang akan mewakili Kota Payakumbuh dalam MTQ tingkat Provinsi Sumatra Barat di Kota Bukittinggi tahun depan.

“Semoga semua kafilah yang bertanding dapat memberikan yang terbaik, dengan menjunjung tinggi sportivitas dan keikhlasan, sehingga apa yang kita lakukan menjadi ibadah di sisi Allah SWT,” tuturnya.

Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi mengatakan, bahwa MTQ ke-41 ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang perlombaan. Tetapi juga sarana efektif untuk menanamkan kecintaan masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap Alquran.

“Selain itu, MTQ ini juga menjadi kesempatan kita untuk mencari kafilah terbaik yang akan kita persiapkan menuju MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2025 mendatang,” ujarnya.

Dafrul menyebutkan, pada MTQ kali ini mempertandingkan sembilan cabang, yaitu Tilawah, Tartil, Hifzh, Syarhil Qur’an, Kitab Standar, Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ), Khutbah Jumat dan Azan, Kaligrafi, serta Dai Cilik.

"Acara ini memusatkan kegiatan utama di Masjid Istiqomah, namun beberapa cabang lainnya juga diselenggarakan di venue-venue berbeda. Seperti, Masjid Munawarah Koto Tangah, Masjid Al Amanah Kubu Gadang, dan MAN 2 Payakumbuh," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, terang Dafrul, MTQ ini melibatkan 227 kafilah dari lima kecamatan di Kota Payakumbuh. Masing-masing dari Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Payakumbuh Barat, Payakumbuh Utara, Payakumbuh Timur, dan Payakumbuh Selatan. (*)

Baca Juga

Gedung Layanan Perpustakaan Payakumbuh segera dapat digunakan masyarakat setelah pengerjaan renovasi telah selesai. Pengerjaan renovasi
Selesai Direnovasi, Gedung Perpustakaan Payakumbuh Bakal Segera Dikunjungi Warga
Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Kota Payakumbuh mengikuti Pembinaan/Bimbingan Teknis dari TP PKK Sumbar
Miliki Peranan Vital, Pemko Payakumbuh Komitmen Dukung Kegiatan PPK
Pemko Payakumbuh meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 pada kategori Kota Sedang. Penghargaan itu diserahkan Menteri Perhubungan
Payakumbuh Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024
Pemko Payakumbuh kembali diganjar penghargaan berupa Dana Insentif Fiskal tahun berjalan tahun 2024 kategori Percepatan Penurunan Stunting
Tekan Stunting, Pemko Payakumbuh Diganjar Penghargaan Insentif Fiskal Rp5,5 M
Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno mengukuhkan Pengurus Forum Kota Sehat dan Pengukuhan Tim Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Remaja Putri.
Pj Wako Payakumbuh Kukuhkan Pengurus Forum Kota Sehat dan Tim Pemberian TTD
Sebanyak 25 anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2024-2029 resmi dilantik pada Senin (2/9/2024). Pelantikan dan pengambilan sumpah
25 Anggota DPRD Payakumbuh Dilantik, Boy Sandi-Febriadi jadi Pimpinan Sementara