Soal Isu Megathrust Mentawai, Pj Wako Padang Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar meninjau Shelter Darussalam yang berada di Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar saat meninjau Shelter Darussalam di Kelurahan Bungo Pasang. [foto: Diskominfo Padang]

Langgam.id - Isu akan adanya gempa megathrust di kawasan Sumatera dan Jawa terus menggelinding di tengah masyarakat. Menyikapi panasnya isu tersebut, Pemerintah Kota Padang mengimbau warganya untuk tetap tenang.

"Kami mengimbau seluruh warga untuk tetap tenang," kata Pj Wali Kota Padang Andree Algamar dikutip dari Kominfo Padang, Minggu (8/9/2024).

Andree menyebut, isu gempa megathrust sebenarnya sudah mencuat ke tengah publik sejak lama. Bahkan sudah menjadi isu nasional. Kabar akan adanya gempa megathrust bukanlah kabar pertakut. Akan tetapi upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

"Sebab itu, kita mesti meningkatkan kesiapsiagaan dengan memperkuat mitigasi," imbaunya saat didampingi Kalaksa BPBD Padang, Hendri Zulviton.

Selain memperkuat mitigasi dan kesiapsiagaan, warga juga diharapkan untuk dapat menjaga fasilitas publik. Seperti shelter dan lainnya.

"Mari kita rawat shelter yang ada. Kita optimalkan dan bersihkan. Termasuk menjadikan shelter sebagai tempat yang familiar oleh masyarakat," imbau Andree.

Saat ini di Padang terdapat sejumlah shelter yang siap menampung warga ketika terjadi bencana. Seperti shelter Darussalam di Kelurahan Bungo Pasang, shelter Nurul Haq di Komplek Jondul 4 Parupuk Tabing, Koto Tangah, dan shelter Wisma Indah Warta Bunda di Ulak Karang Utara.

Selain mengajak warga untuk mengoptimalkan shelter yang ada, Pemko Padang juga telah memperbarui rambu-rambu jalur evakuasi, dan memasang sirine peringatan tsunami di berbagai titik strategis. Hal ini dilakukan agar warga memahami dan tidak panik ketika bencana terjadi.(*/Fs)

Baca Juga

Bak truk pengangkut sampah di Kota Padang kini sudah dipasang terpal.  Hal ini dilakukan Dinas Lingkungam Hidup Padang
Cegah Sampah Berceceran, Bak Truk Pengangkut di Padang Dipasang Terpal
Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BMKG pusat gempa bukan dari patahan Angkola atau Sianok. segmen Talamau.
Pemko Ingatkan Bangunan di Padang Harus Ramah Bencana
lowongan BCA
Sumbar Juara Tingkat Pengangguran Tertinggi di Pulau Sumatra
Jelang Lebaran 1445 Hijriah/, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Barat memastikan pasokan listrik di Sumbar aman. Selain
Pemprov Klaim Rasio Elektrifikasi Sumbar Capai 99,9 Persen
12 Unit Trans Padang Mulai Wara-wiri Layani Warga Bungus Teluk Kabung
12 Unit Trans Padang Mulai Wara-wiri Layani Warga Bungus Teluk Kabung
Semen Padang harus tumbang 1-2 dari Malud United pada laga pekan keempat BRI Liga 1 2024/2025, Jumat (13/9/2024). Ini merupakan kekalahan
Gantikan Hendri Susilo, Semen Padang FC Bidik Pelatih Asing