Sanksi Tegas Siap Menanti ASN Padang yang Tak Netral dalam Pilkada 2024

Sanksi Tegas Siap Menanti ASN Padang yang Tak Netral dalam Pilkada 2024

Foto: Info Publik Padang

Langgam.id - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Yosefriawan, menegaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap netral di tahun politik ini.

Ia memperingatkan bahwa sanksi tegas akan diberikan kepada ASN yang tidak mematuhi aturan tersebut.

"Saat ini sudah ada bakal calon wali kota yang mendaftar di KPU. Sebagai ASN, saya tegaskan bahwa sesuai undang-undang yang berlaku, ASN harus tetap netral," ujar Yosefriawan saat memimpin apel pagi gabungan di lingkungan Balai Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (2/9/2024).

Yosefriawan mengingatkan seluruh ASN untuk menjaga netralitas. Meski ASN memiliki hak suara dalam pilkada, mereka tidak memiliki hak untuk berkampanye atau memihak kepada calon kepala daerah.

"Tentunya ada konsekuensi jika ada ASN yang tidak netral. Sanksi, termasuk pidana pemilu, akan dikenakan bagi ASN yang melanggar aturan ini," tegas Pj Sekda.

Tahapan Pilkada di Kota Padang telah memasuki tahap verifikasi administrasi pasangan calon. Verifikasi dilakukan dari tanggal 30 Agustus hingga 21 September 2024. Setelah itu, KPU Padang akan menetapkan pasangan calon pada 25 September dan mengundi nomor urut pada 26 September 2024.

Selain itu, Pj Sekda juga mengimbau seluruh ASN untuk terus menerapkan disiplin dalam bekerja, termasuk disiplin waktu, disiplin berpakaian, dan disiplin masuk kantor.

"Saya ingin seluruh ASN dapat menerapkan disiplin dengan baik. Jika ada ASN yang tidak masuk kantor, atasan langsung harus segera memberikan perhatian," ungkapnya. (*/Yh)

Baca Juga

Calon Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani. Foto: IST
Lestarikan Adat dan Budaya, Calon Bupati Dharmasraya Annisa Bakal Alokasikan Anggaran Rp 150 Juta Setiap Nagari
Kota Padang Bersatu untuk Pendidikan Maju
Kota Padang Bersatu untuk Pendidikan Maju
Komunitas Batak Dukung Fadly Amran Jadi Wali Kota Padang
Komunitas Batak Dukung Fadly Amran Jadi Wali Kota Padang
Bawaslu mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi, Kesekretariatan, Kearsipan dan Keuangan Panwaslu se-Kota Padang
Bawaslu Padang Hentikan 9 Kampanye Ilegal
KPU Sumbar menggelar nonton bareng film berjudul Tepatilah Janji di Bioskop CGV Padang. Kegiatan ini digelar guna meningkatkan partisipasi
Targetkan Partisipasi 75 Persen di Pilkada, KPU Sumbar Edukasi Pemilih Melalui Film
Fadly Amran Prioritaskan Kesehatan Berkualitas
Fadly Amran Prioritaskan Kesehatan Berkualitas