UM Sumatra Barat Buka Kesempatan Bagi Pencari Ilmu, Wujudkan Mimpi Lebih Cepat Lewat Jalur RPL

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat (Sumbar) memiliki program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).Melalui program ini, UM Sumbar

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. [foto: UMSB]

InfoLanggam - Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat (Sumbar) memiliki program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Melalui program ini, UM Sumbar membuka kesempatan bagi para pencari ilmu yang ingin mewujudkan mimpi dengan cara yang lebih cepat.

Program ini menghubungkan capaian pembelajaran seseorang, baik yang diperoleh dari jalur pendidikan formal, nonformal, informal, maupun pengalaman kerja, untuk disetarakan dengan kualifikasi tertentu dalam pendidikan formal.

Program RPL yang termaktub dalam Permendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021 ini memberikan dua pilihan utama bagi para calon mahasiswa di UM Sumbar yaitu RPL Transfer SKS dan RPL Perolehan SKS.

RPL Transfer SKS dirancang khusus bagi mereka yang pernah meniti pendidikan di jalur D1, D2, D3, atau mahasiswa yang terpaksa berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan.

RPL Transfer SKS membantu melanjutkan langkah menuju gelar sarjana dengan mengakui capaian pembelajaran sebelumnya dengan kata lain menggapai mimpi yang tertunda.

Sedangkan RPL Perolehan SKS menjadi tiket emas bagi mereka yang telah memiliki pengalaman di dunia kerja. Program ini diperuntukan khusus bagi lulusan SMA atau sederajat dan D3 untuk melanjutkan pendidikan ke tahap yang lebih tinggi.

RPL Perolehan SKS merupakan pengakuan atas pengalaman yang sudah didapat selama menggeluti dunia kerja. Pengalaman kerja dapat dibuktikan dengan sertifikat kompetensi, surat dukungan dari asosiasi profesi atau industri, dan berbagai dokumen pendukung lainnya akan mempercepat langkah kita meraih gelar sarjana.

Keunggulan Jalur RPL
Daya tarik utama program RPL ini yaitu kesempatan untuk lulus lebih cepat. Dengan proses penyetaraan yang mengakui pengalaman dan pembelajaran sebelumnya, mahasiswa bisa memangkas jumlah satuan kredit yang harus ditempuh, sehingga waktu untuk meraih gelar menjadi lebih singkat dibandingkan dengan mahasiswa reguler.

Untuk program Strata Satu (S-1), masa studi minimal adalah 2 semester dengan maksimal konversi 100 SKS. Sistem perkuliahan pun fleksibel, terbagi antara kelas reguler yang berlangsung dari Senin hingga Jumat, dan kelas mandiri yang dijadwalkan pada hari Sabtu dan Minggu.

Bagi yang tertarik untuk memanfaatkan kesempatan ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui website resmi UM Sumatera Barat di pmb.umsb.ac.id dengan memilih Jalur RPL. (*)

Baca Juga

Dosen Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat), Desmarita Leni D, SPd, MT, meraih hibah
Dosen Teknik Mesin UM Sumatera Barat Raih Hibah PKM 2024
tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengikuti International Student Mobility Program 2024 di UCYP University Malaysia,
3 Mahasiswa UM Sumbar Ikuti Magang dan PKL Internasional di UCYP University Malaysia
Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Sumatera Barat yang tergabung dalam tim kewirausahaan EIKORA
Tim Kewirausahaan EIKORA FKIP UM Sumbar Lolos ke Puncak KMI Expo XV 2024 di Kendari
Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Dr Riki Saputra MA, tekan kerjasama dengan Rektor UM Tapanuli Selatan (Tapsel)
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Tekan Kerjasama dengan UM Tapanuli Selatan
mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Hussein Abdulqader Abdulaziz, menjalani sidang Munaqasyah Pascasarjana.
Sejarah Baru Bagi UM Sumbar, Mahasiswa Asing Pertama Jalani Sidang Munaqasah Pascasarjana
Mahasiswi Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat berhasil meraih gelar Best Presenter dalam ajan
Mahasiswi Teknik Sipil UM Sumbar Raih Best Presenter di Ajang International Conference