Festival Adat Budaya Nusantara III Digelar di Padang, Ratusan Raja dan Sultan Akan Hadir

Kota Padang akan menjadi tuan rumah Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III yang dijadwalkan berlangsung dari 4 hingga 7 September 2024.

Pemko Padang gelar rapat persiapan event Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III. [foto: Diskominfo Padang]

Langgam.id - Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), akan menjadi tuan rumah Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III yang dijadwalkan berlangsung dari 4 hingga 7 September 2024.

Event ini akan mengundang ratusan raja, sultan, datu, dan penglingsir dari seluruh kerajaan di Nusantara. Persiapan untuk acara tersebut sedang dilakukan secara intensif oleh Pemko Padang.

Asisten I Setdako Padang, Edi Hasymi, dalam rapat persiapan di Balaikota Padang pada Kamis (15/8/2024), mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk menyambut FABN III.

Menurut rencana, salah satu rangkaian acara adalah jamuan makan malam bersama Wali Kota Padang pada 5 September 2024 di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Jalan A. Yani. Selain itu, akan ada city tour yang dipandu oleh Dinas Pariwisata Kota Padang bersama Uda Uni.

Edi Hasymi menekankan bahwa keberhasilan FABN III diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Padang.

"Perputaran uang di kota ini akan meningkat selama tiga hari pelaksanaan acara ini," ujarnya, dikutip dari akun Facebook Diskominfo Kota Padang.

FABN III dirancang oleh Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) sebagai upaya melestarikan budaya dan mempererat silaturahmi antar kerajaan serta lembaga adat. Acara ini juga menjadi media hiburan alternatif dan sarana untuk memperkenalkan kekayaan kultur Nusantara.

Selain peserta dari Indonesia, FABN III juga akan dihadiri oleh pemangku adat, pimpinan lembaga adat, serta kepala suku dari negara lain seperti Malaysia, Brunei, dan Thailand.

Selama festival, akan digelar orasi dan diskusi kebudayaan di Convention Hall Universitas Andalas serta pelantikan pengurus DPW Matra Provinsi Sumatra Barat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Sumbar. (*/Ilmi)

Baca Juga

44 Anak Yatim Binaan Masjid Agung Nurul Iman Terima Santunan
44 Anak Yatim Binaan Masjid Agung Nurul Iman Terima Santunan
Simposium IndAAC Sumbar 2.0, Andree Algamar: Kota Padang Berpeluang jadi Tujuan Health Tourism
Simposium IndAAC Sumbar 2.0, Andree Algamar: Kota Padang Berpeluang jadi Tujuan Health Tourism
Pemko Padang Targetkan Keaktifan Peserta BPJS Kesehatan Capai 80 Persen
Pemko Padang Targetkan Keaktifan Peserta BPJS Kesehatan Capai 80 Persen
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Fauzi Lukman Nurdiansyah mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 216.934 peserta yang tidak aktif
Jumlah Peserta Tidak Aktif BPJS Kesehatan di Kota Padang 216.934
Pemko Padang berkomitmen penuh dan siap berkolaborasi dengan BWSS V untuk mewujudkan pembangunan infrastuktur strategis
Atasi Masalah Banjir di Padang, BWSS V Bakal Bangun Sistem Polder di Sungai Batang Kandis
Investasi Sejak Dini
Semester Pertama 2024, Pemko Padang Catat Investasi Tembus Rp2,02 Triliun