Gempabumi Tektonik M5,0 Guncang Kepulauan Mentawai

Langgam.id - Wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, diguncang gempa tektonik berkekuatan M5,0 pada pukul 10.10 WIB, Selasa, (23/7).

Menurut hasil analisis BMKG, episenter gempa ini terletak di laut pada koordinat 1,72° LS dan 99,54° BT, sekitar 32 km arah Barat Laut Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 18 km.

"Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng dengan mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Gempa ini dirasakan di beberapa wilayah dengan intensitas berbeda yakni, Kepulauan Mentawai: Skala intensitas III-IV MMI (dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah).

Lalu, Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Agam: Skala intensitas III MMI (getaran nyata dalam rumah, terasa seperti truk berlalu).

Kemudian, Padang Panjang: Skala intensitas II MMI (dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini. Hasil pemodelan BMKG juga menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Kami belum mendeteksi adanya aktivitas gempa susulan hingga pukul 10.50 WIB," tambah Dr. Daryono.

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bertanggung jawab. Hindari bangunan retak atau rusak akibat gempa dan pastikan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa sebelum kembali ke dalam rumah. (*/Yh)

Baca Juga

Bidpropam Polda Sumbar mulai melakukan sidang kode etik terhadap para personel yang diduga tidak profesional saat membubarkan aksi tawuran
Polda Sumbar Mulai Sidang Kode Etik Anggota Tidak Profesional saat Bubarkan Tawuran di Kuranji
BPBD Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar), meralat jumlah korban tertimbun longsoran di lokasi tambang emas ilegal adalah 22 orang
BPBD Solok Ralat Data Korban Longsor Tambang Emas Ilegal: Total 22 Orang, Meninggal 11
Sebanyak 11 orang dilaporkan meninggal dan 25 orang lainnya masih tertimbun di lokasi tambang emas di Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti,
Tambang Emas Ilegal di Solok Ternyata Sudah Beberapa Kali Dirazia Polisi
Sumatera Barat, sebuah provinsi yang dikenal memiliki sejarah politik yang kaya dan beragam, selalu menunjukkan dinamika politik yang unik.
Rasionalkah Rasionalitas Politik Orang Minang?
Bawaslu Padang Peringatkan Paslon Soal Kampanye di Tempat Ibadah Bisa Berujung Pidana
Bawaslu Padang Peringatkan Paslon Soal Kampanye di Tempat Ibadah Bisa Berujung Pidana
Mahyeldi Cuti Kampanye, Audy Joinaldy Resmi Jabat Plt Gubernur Sumbar
Mahyeldi Cuti Kampanye, Audy Joinaldy Resmi Jabat Plt Gubernur Sumbar