Roni Nazra Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan OJK Sumbar

Roni Nazra Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan OJK Sumbar

Roni Nazra dikukuhkan sebagai Kepala OJK Perwakilan Sumbar. (Foto: Dok. Langgam)

Langgam.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi mengukuhkan Roni Nazra sebagai kepala perwakilan Sumatra Barat mengganti plt kepala yaitu Guntar Kumala yang kembali bertugas di kantor pusat.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK, Agusman mengatakan Roni Nazra diharapkan mampu memimpin OJK Sumbar dan berkontribusi mendorong peningkatan ekonomi melalui sektor keuangan.

"Pak Roni Nazra ini ibarat pepatah Minang, karatau madang di hulu babuah babungo balun, ka rantau bujang dahulu di rumah paguno balun. Sekarang diminta pulang, sudah banyak ilmunya dan bisa berbuat banyak untuk Sumatra Barat," kata Agusman dalam pengukuhan Kepala OJK Sumbar di Auditorium Gubernur, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya, peran kepala OJK di provinsi sangat strategis untuk kemitraan dengan pemerintah dan stakeholder lainnya, guna mendukung peningkatkan sektor keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia mengatakan fungsi yang sangat luas khususnya di sektor industri jasa keuangan. Mulai dari pengawasan, pengaturan, perlindungan konsumen hingga penyidikan.

Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan menandai tugas OJK semakin berat.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan pimpinan OJK di daerah bisa berkiprah dan lebih andal dalam mendukung perekonomian daerah," katanya.

Sebelum bertugas sebagai Kepala OJK Sumbar, Roni Nazra yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas itu pernah menjabat Kepala Perwakilan OJK Provinsi Maluku.

Adapun, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyambut baik pergantian pejabat OJK Sumbar. Ia berharap pimpinan baru ini dapat melanjutkan kepemimpinan sebelumnya dan memberikan efek positif bagi pembangunan ekonomi Sumbar.

"Kami ucapkan selamat bertugas di Sumbar kepada Pak Roni. Semoga bisa melanjutkan estafet kepemimpinan sebelumnya dan meningkatkan sinergi serta mendukung dan memberikan terobosan baru untuk berkolaborasi meningkatkan perekonomian daerah," katanya.

Mahyeldi juga meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) provinsi setempat mampu mencapai target inklusi keuangan sebesar 90 persen hingga akhir 2024.

"Kami yakin Bapak Roni Nazra Pimpinan OJK Sumbar yang baru bisa menghadirkan inovasi dan terobosan baru sehingga target itu dapat dicapai," katanya.

Gubernur menyebutkan target 90 persen keuangan inklusi tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif dapat diwujudkan.

Berdasarkan hasil survei nasional literasi inklusi keuangan tahun 2022 mencapai 85,10 persen, sementara tingkat inklusi keuangan Sumbar baru mencapai 76,88 persen. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Investasi Sejak Dini
Semester Pertama 2024, Pemko Padang Catat Investasi Tembus Rp2,02 Triliun
Cuaca ekstrem maritim melanda wilayah pesisir Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu (16/10/2024) pagi dan siang hari. Gelombang tinggi menghantam
Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Sumbar, Warga Diminta Waspada Hingga 18 Oktober
Abrasi menyebabkan ambruknya bagian belakang Rumah Makan Pasir Putih di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Rabu (16/10/2024).
Abrasi di Bungus Teluk Kabung, Rumah Makan Ambruk, 15 Pelajar Padang Terluka
Tiga rumah dan satu musala di kawasan Pantai Pasia Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, terancam abrasi
Tiga Rumah dan Satu Musala Terimbas Abrasi di Pantai Pasia Jambak
Penemuan Mayat di Sitinjau Lauik, Polisi Lakukan Penyelidikan
Penemuan Mayat di Sitinjau Lauik, Polisi Lakukan Penyelidikan
Plt Gubernur Serahkan SK, Jabatan Pj Wako Padang Panjang dan Pariaman Diperpanjang
Plt Gubernur Serahkan SK, Jabatan Pj Wako Padang Panjang dan Pariaman Diperpanjang