Festival Rakyat Muaro Padang Meriah, Ribuan Orang Padati Batang Arau dan Kota Tua

Festival Rakyat Muaro Padang Meriah, Ribuan Orang Padati Batang Arau dan Kota Tua

Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang membuka Festival Rakyat Muaro Padang. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Festival Rakyat Muaro Padang, yang ditunggu-tunggu masyarakat, akhirnya resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi pada Jumat (19/4/2024) sore. Ribuan warga dan wisatawan memadati kawasan Batang Arau dan Kota Tua untuk menyaksikan kemeriahan festival yang berlangsung selama tiga hari ini.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Padang yang kembali menggelar Festival Rakyat Muaro Padang. Ia yakin festival ini akan memberikan banyak dampak positif, seperti meningkatkan hiburan bagi masyarakat dan mendorong putaran ekonomi daerah.

"Saya sangat mengapresiasi Pemko Padang yang kembali menggelar event ini. Tentu banyak sekali dampak positif yang dihasilkan. Di samping menyajikan hiburan, juga meningkatkan putaran ekonomi daerah. Semoga hal seperti ini dapat dicontoh oleh kabupaten/kota lainnya di Sumbar," ujar Gubernur Mahyeldi dikutip dari Prokopim Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa menambahkan bahwa Festival Rakyat Muaro Padang dipersembahkan untuk warga dan pengunjung yang menghabiskan waktu libur lebaran di kota Padang. Ia berharap festival ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan PAD Kota Padang.

"Kita berharap, melalui gelaran selama 19-21 April ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat, di sektor perhotelan, restoran, jasa, juga pelaku UMKM dan Ekraf. Semoga juga ikut menambah PAD Kota Padang, karena terjadi perputaran uang yang luar biasa selama event berlangsung," kata Hendri Septa.

Festival Muaro Padang menghadirkan berbagai acara menarik, seperti Batang Arau Selaju Sampan, Urang Padang Bagamad, Karnaval Budaya, Lomba Ikan Hias, Lomba Mewarnai Tingkat Anak TK, Lomba Video Reel IG dan Tiktok dengan Tema Kota Tua dan Batang Arau. Selain itu, ada juga Peresmian Batang Arau sebagai Objek Wisata Baru, penampilan Panggung Budaya Multi Etnik di beberapa gang Kota Tua, Fashion Show Zaman Jadoel Gen-Z, Pameran Ekraf dan UMKM tempo doeloe, serta Pameran Motor Jadoel.

"Dan masih banyak lagi kegiatan hiburan lainnya yang kita suguhkan. Insya Allah pada hari penutupan kita hadirkan artis Minang Fauzana," ujar Hendri Septa.

Festival Rakyat Muaro Padang diharapkan dapat menjadi salah satu ikon wisata Kota Padang dan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Petarung Muaythai Sumbar yang turun di kelas under 23-43 Kg putra, Andika Mandala melaju ke babak semifinal pada ajang PON
Kalahkan Atlet Tuan Rumah, Petarung Muaythai Sumbar Maju ke Semifinal PON XXI
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar meninjau Shelter Darussalam yang berada di Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah
Perkuat Mitigasi Bencana, Pj Wako Padang Tinjau Shelter Darussalam di Bungo Pasang
Satuan Reserse Narkoba Polres Pesisir Selatan berhasil menangkap seorang residivis penyalahgunaan narkoba jenis sabu berinisial JRP (30).
Residivisi Narkoba Ditangkap Polres Pessel, 13 Paket Sabu Diamankan
Pemko Padang bakal menggelar Peringatan Gempa 30 September pada tahun ini yang dilaksanakan di Tugu Gempa, depan Museum Adityawarman.
15 Tahun Berlalu, Berikut Rangkaian Peringatan Gempa 30 September di Padang
BPS Sumbar mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari BIM pada Juli 2024 mengalami peningkatan
BPS: Jumlah Penumpang Angkutan Udara yang Berangkat dan Datang dari BIM di Juli 2024 Naik
Sebanyak 81 kafilah Sumatra Barat mengikuti MTQ Nasional ke-30 di Kota Samarinda. Para kafilah Sumbar ini berangkat ke Kaltim
81 Kafilah Sumbar Siap Berlaga di MTQ Nasional di Kalimatan Timur