Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia

Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Ilustrasi kebakaran. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Setidaknya terjadi tiga peristiwa kebakaran di Kabupaten Agam selama libur lebaran 1445 hijriyah. Peristiwa ini menimbulkan kerugian hingga ratusan juta dan satu korban meninggal dunia.

Kepala Bidang Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Agam, Eki Marlinda mengatakan, selama musim liburan lebaran di wilayahnya terjadi 3 kasus kebakaran.

“Hingga Selasa ini, kami mencatat tiga kejadian kebakaran di wilayah Kabupaten Agam. Dimana lokasinya tersebar di tiga kecamatan,” ujarnya, dilansir dari AMC, Rabu (17/4/2024).

Kejadian pertama sebutnya, terjadi pada awal libur lebaran yakni tanggal 6 April 2024. Kebakaran melanda rumah kayu milik warga di Tanjung Alai, Koto Malintang, Kecamartan Tanjung Raya.

“Musibah kebakaran di Tanjung Raya ini diperkirakan menimbulkan kerugian Rp50 juta,” sebutnya.

Lalu kebakaran besar melanda rumah semi permanen milik warga Lasi, Kecamatan Canduang pada 12 April 2024. Peristiwa ini menyebabkan seorang remaja berusia 18 tahun meninggal dunia. Selain korban jiwa, kejadian ini ditaksir menimbulkan kerugian hingga Rp600 juta.

Pada hari yang sama lanjutnya, api juga melahap rumah kayu milik warga Sungaipua. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian hingga Rp200 juta.

“Total kerugian dari tiga kejadian ini mencapai Rp850 juta dan satu orang warga tidak bisa diselamatkan. Sedangkan jumlah warga terdampak sebanya 17 jiwa,” ungkap Eki.

Untuk penyebab kebakaran kata Eki lagi, masih belum bisa dipastikan. Saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Eki mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan kemungkinan terjadinya kebakaran. Ia mengingatkan masyarakat untuk memberikan perhatian ekstra kepada hal-hal yang dapat menimbul kebakaran.

“Jika seandainya meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, pastikan aliran listrik dalam keadaan aman. Kemudian, pastikan kompor dalam keadaan mati setelah memasak, sehingga potensi kebakaran bisa kita hindari,” katanya. (*/Yh)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat