Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting

Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting

Ilustrasi stunting. [canva]

Langgam.id - Sekitar 2 ribu anak di Kota Padang terindikasi stunting. Sisi lain, data terbaru menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Kota Padang mengalami penurunan yang signifikan.

"Dari 51 ribu balita yang telah diukur tinggi badannya berdasarkan usia, terdapat sekitar 2.000 anak yang menunjukkan gejala stunting," ujar Eri Sendjaya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, dicuplik dari InfoPublik Padang, Selasa (16/4/2024).

Meskipun angka stunting masih ada, Eri Sendjaya optimis upaya penanggulangan yang dilakukan selama ini menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dibuktikan dengan penurunan drastis jumlah keluarga yang berisiko stunting.

"Pada tahun 2022, tercatat 37 ribu keluarga di Kota Padang yang dikategorikan berisiko stunting. Namun, di tahun 2023, angka tersebut turun drastis menjadi 23 ribu keluarga," jelas Eri Sendjaya.

Penurunan ini menunjukkan bahwa upaya intervensi spesifik dan sensitif yang dilakukan dalam menangani stunting telah membuahkan hasil. "Upaya ini meliputi edukasi gizi, pemberian makanan tambahan, dan pemantauan pertumbuhan anak," imbuhnya.

Eri Sendjaya menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus berupaya menurunkan angka stunting di Kota Padang hingga mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. "Kami yakin dengan kerja sama semua pihak, target penurunan stunting di Kota Padang dapat tercapai," pungkasnya. (*/Yh)

Baca Juga

Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
Padang Digitalisasi Manuskrip Undang-undang Era Kolonial Belanda
Padang Digitalisasi Manuskrip Undang-undang Era Kolonial Belanda
Pemkab Tanah Datar merilis data update terkini informasi sementara dampak bencana banjir bandang di kabupaten tersebut.
Total Korban Meninggal Galodo Sumbar Menciut Jadi 61 Orang
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
Andree Algamar Resmi Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang
Andree Algamar Resmi Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang