Festival Pesona Saghibu Dulang di Nagari Jeruk Purut Tanjung Barulak

Festival Pesona Saghibu Dulang di Nagari Jeruk Purut Tanjung Barulak

Festival saghibu dulang di Tanah Datar. (Foto: Prokopim)

Langgam.id - Dalam kemeriahan Festival Pesona Saghibu Dulang, Nagari Tanjung Barulak dinobatkan sebagai Nagari Jeruk Purut oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra. Penobatan ini didasari oleh kejayaan Tanjung Barulak sebagai sentra penghasil jeruk purut yang telah meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Bupati Eka memuji kerja keras seluruh pihak dalam memajukan Nagari Tanjung Barulak. Ia berharap semangat ini dapat ditiru oleh nagari lain di Kabupaten Tanah Datar.

Festival ini dimeriahkan dengan berbagai acara menarik, seperti pameran Saghibu Dulang, penampilan Tari Kolosal, dan berbagai pertunjukan budaya lainnya. Bupati Eka yakin bahwa festival ini telah dipersiapkan dengan matang dan akan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tanjung Barulak memiliki potensi besar di bidang Sumber Daya Alam (SDA), khususnya jeruk purut. "Dari hasil panen jeruk purut, banyak masyarakat yang dapat menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi," kata Eka, dikutip Minggu (14/4/2024).

Lebih lanjut, Wali Nagari Tanjung Barulak, Fuadil Hulum, menjelaskan bahwa Festival Pesona Saghibu Dulang bertujuan untuk menampilkan seluruh potensi nagari, mulai dari budaya, ekonomi, pariwisata, hingga berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu produk UMKM unggulan Tanjung Barulak adalah kain Ecoprint.

Nagari Tanjung Barulak juga memiliki destinasi wisata menarik, yaitu Rumah Akar, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Festival ini diharapkan dapat menjadi pemicu kemajuan Nagari Tanjung Barulak di berbagai bidang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Tanjung Emas Zukifli Idris, Wali Nagari se Kecamatan Tanjung Emas, Bundo Kanduang, Ninik Mamak, Perantau, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (*/Fs)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Sebanyak 23 jembatan di enam kecamatan di Tanah Datar, putus akibat bencana alam banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024).
23 Jembatan di Tanah Datar Putus Diterjang Banjir Bandang
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar
Sebanyak 13 orang masih dinyatakan hilang memasuki hari ketujuh pasca bencana alam banjir bandang di Tanah Datar. Pemkab Tanah Datar
13 Orang Masih Hilang Akibat Banjir Bandang di Tanah Datar, 350 Personel Dikerahkan Cari Korban