Kabar Duka: Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN IB Zulmuqim Meninggal Dunia

InfoLanggam - UIN Imam Bonjol Padang kembali diselimuti duka. Setelah akhir Desember 2023 lalu kehilangan akademisi dan ulama terkemuka Prof Dr Amir Syarifudin, kembali hari ini, Sabtu (3/2/2024) kehilangan sosok ulama dan akademisi ulung dengan berpulangnya Prof Dr Zulmuqim, MA.

Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang tersebut meninggal dunia pada pukul 01.10 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang.

Zulmuqim dikenal sebagai pakar Filsafat Pendidikan Islam yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ilmu pendidikan di Indonesia khususnya di Sumatra Barat.

Beliau tidak hanya menjadi pendidik yang menginspirasi di kampus, tetapi juga diakui di tengah masyarakat sebagai tokoh penting dalam pemikiran pendidikan Islam.

Wakil Rektor II Dr. Testru Hendra, M.A, pada pelepasan jenazah menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Prof. Dr. Zulmuqim.

“Beliau adalah sosok yang luar biasa, baik dalam akademis maupun spiritual. Kehilangan beliau merupakan duka yang mendalam bagi keluarga besar kampus ini,” ujarnya.

Jenazah Prof. Dr. Zulmuqim dikebumikan di kampung halaman beliau di Jorong Mato Jariang, Kubang Putih, Kecamatan Banuhampu, Bukittinggi.

Sebagian besar civitas akademika dan masyarakat hadir mengantarkan jenazah beliau ke peristirahatan terakhir dan memberikan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Semoga Prof. Dr. Zulmuqim, M.A. berpulang dengan ketenangan dan kontribusinya akan tetap dikenang sebagai warisan berharga dalam perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. (*)

Baca Juga

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Imam Bonjol Padang menggelar THE 3st Balai Gadang Annual International Conference on Islamic
FEBI UIN Imam Bonjol dan Para Pakar Global Bahas Isu Ekonomi Berkelanjutan
Mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang dan mahasiswa KKN Unand menghadiri acara pelepasan sekaligus pembubaran panitia acara dirgahayu
Masyarakat Nagari Padang Air Dingin Solsel Hadiri Perpisahan dengan Mahasiswa KKN UIN IB
Ada yang beda di sela-sela Pembukaan PBAK 2024. Pada akhir pidato, ketika Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati, turun dari podium,
Rektor UIN IB Padang Dapat Kejutan Ulang Tahun saat Pembukaan PBAK 2024
Mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang menggelar kegiatan MTQ di Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan.
Mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang Gelar MTQ di Nagari Padang Air Dingin Solsel
SeIBa International Festival (SIF) yang akan digelar pertengahan September ini dipresentasikan dihadapan Subdit Kemenag RI dan seluruh
SeIBa Internasional Festival 2024 Dipresentasikan Dihadapan Semua Warek III PTKIN
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menerima tamu istimewa dari SMA Islam Al Ishlah Bukittinggi pada Kamis (8/8/2024).
Mengenal Dunia Akademik Kampus, SMA Islam Al Ishlah Bukittinggi Kunjungi UIN IB Padang