Harga Sayuran di Padang Panjang Naik Akibat Dampak Abu Vulkanik Gunung Marapi

Harga sayur-sayuran di Kota Padang Panjang mengalami kenaikan akibat erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan paparan abu vulkanik selama

Kegiatan Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Balai Kota Padang Panjang. [foto: Pemko Padang Panjang]

Langgam.id - Harga sayur-sayuran di Kota Padang Panjang mengalami kenaikan akibat erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan paparan abu vulkanik selama beberapa minggu berjalan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Padang Panjang, Ade Nafrita Anas mengatakan, kenaikan harga terjadi pada sawi bola yang naik mencapai Rp5.000 atau 62,50 persen.

"Buncis naik 20 persen dan wortel naik 22,22 persen," ujar Ade dikutip dari laman Facebook Pemko Padang Panjang, Senin (15/1/2024).

Selain itu terang Ade, ada puluhan hektare lahan yang terdampak abu vulkanik Gunung Marapi. Akibatnya, tomat hanya 30 persen yang bisa dipanen dengan baik. Untuk cabai, umumnya yang terdampak terhadap pembibitan.

"Sebagai keberpihakan, kita telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat sebagai langkah antisipasi terhadap abu vulkanik tersebut," ucapnya.

Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako Padang Panjang, Putra Dewangga mengatakan, Indeks Perkembangan Harga (IPH) Padang Panjang minggu kedua Januari 2024 berada pada angka -1,822 atau berfluktuasi rendah.

"Komoditi utama yang berkontribusi untuk fluktuasi ini adalah cabai merah, susu bubuk dan gula pasir. Semuanya mengalami penurunan," tuturnya dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Balai Kota Padang Panjang, Senin (15/1/2024). (*/yki)

Baca Juga

Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun
Bagi masyarakat Padang Panjang yang memiliki hewan peliharaan dengan penular rabies seperti kucing, anjing dan kera, bisa mengikuti vaksinasi massal rabies yang dimulai Senin
Vaksinasi Massal Rabies Gratis Digelar di Padang Panjang Mulai 6 Mei
Sebanyak 65 pelajar terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Padang Panjang 2024. Sebelumnya ada 207
65 Pelajar Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Padang Panjang 2024
Sebanyak 207 siswa tingkat SMA se-Kota Padang Panjang mengikuti tes secara online dan offline seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024.
207 Siswa SMA di Padang Panjang Ikuti Seleksi Paskibraka 2024