Tingkatkan Kualitas Pelaksanaan OCSE, Kebidanan Unand Lalukan Simulasi

Tingkatkan Kualitas Pelaksanaan OCSE, Kebidanan Unand Lalukan Simulasi

Departemen Kebidanan Unand gelar simulasi pelaksanaan OCSE. (Foto: Dok. Departemen Kebidanan)

Langgam.id - Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) melakukan Persiapan dan Simulasi Kegiatan OSCE Nasional pada 28-29 September 2023.

Kegiatan ini digelar di OSCE Centre Fakultas Kedokteran Unand, Limau Manis. Pelatihan ini mengundang narasumber yang telah expert di bidangnya, yakni Rize Budi Amalia, S.Keb,Bd, M.Kes dari Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND).

Kegiatan yang berlangsung luring selama dua hari ini menunjukkan keseriusan Departemen Kebidanan Unand dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan OSCE agar sesuai dengan standar pelaksanaan di tingkat pusat.

Dosen-dosen S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan menjadi peserta dalam simulasi ini serta juga mengikutsertakan mahasiswa sebagai peserta ujian. Ketua pelaksana dalam kegiatan ini adalah Ulfa Farrah Lisa, SST, M.Keb serta didukung penuh oleh Ketua Departemen Kebidanan yakni Yulizawati, S.ST., M.Keb.

Dalam menunjang keberhasilan kegiatan ini, semua peserta pelatihan telah diberikan materi selama 3 hari pada tanggal 18-20 September 2023.

"Sehingga, saat ini peserta dapat langsung memulai persiapan dan kegiatan simulasi," kata Ulfa dalam keterangannya, Jumat (29/9/2023).

Ia menjelaskan pada tahap awal, semua peserta melakukan briefing kegiatan baik bersama penguji dan peserta ujian, menyiapkan alat-alat yang diperlukan, dan perbaikan setting tempat sesuai dengan standar yang diharuskan.

Kemudian, pada hari kegiatan, semua peserta langsung mengambil tempat sesuai dengan peran-peran yang diberikan yakni sebagai penanggungjawab, penguji, nakes standar, pasien standar dan laboran.

Setelah melakukan role play, para peserta pelatihan diminta melakukan review soal-soal yang diujikan bilamana perlu perbaikan yang ditemui saat melakukan simulasi sebelumnya.

Semua kegiatan berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan dan narasumber juga menyampaikan apresiasi atas semangat peserta dalam mengikuti simulasi ini dengan harapan kegiatan pelatihan ini dapat menjadi modal perbaikan untuk pelaksanaan OSCE di Departemen Kebidanan FK Unand. (Siska Bradinda/Fs)

Baca Juga

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno mendorong peternak di Sumatra Barat khususnya Kota Payakumbuh dapat melahirkan inovasi
Pj Wako Payakumbuh Dorong Peternak Lahirkan Inovasi dan Tingkatkan Daya Saing
Ketua Perwosi Sumbar Apresiasi Atlet dan Pelatih Wanita Berprestasi di PON dan Peparnas 2024
Ketua Perwosi Sumbar Apresiasi Atlet dan Pelatih Wanita Berprestasi di PON dan Peparnas 2024
Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade bersama jajaran manajemen Telkomsel Regional Sumatera melakukan peresmian BTS di Nagari Sungai Patai
Andre Rosiade Resmikan BTS di Nagari Sungai Patai Tanah Datar
Bank Nagari Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best Financial Awards 2024 dari The Iconomics
Bank Nagari Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best Financial Awards 2024 dari The Iconomics
Pacu Kuda Piala Gubernur Sumatra Barat 2024 sukses dilaksanakan di Gelanggang Pacu Kuda Kubu Gadang, Payakumbuh, Minggu (13/10/2024).
Pacu Kuda Piala Gubernur Sumbar 2024 Sukses Digelar, Suprayitno: Dorong Pariwisata dan Olahraga
Bantuan Sosial Bidang Pendidikan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Nagari Kota Payakumbuh sebesar Rp110 juta sukses digulirkan
Bank Nagari dan Pemko Payakumbuh Salurkan Bantuan Pendidikan Bagi 107 Penerima Manfaat