Heboh Postingan Unesco, Tampilkan Foto Songket Pandai Sikek dan Sebut Berasal dari Malaysia

Heboh akun instagram @unesco posting songket sebagai pakaian tradisional dari Malaysia. Dalam foto yang ditampilkan Unesco, terlihat

Postingan Unesco di Instagramnya yang menampilkan kain songket Pandai Sikek. [foto: IG @unesco]

Langgam.id - Heboh akun instagram @unesco posting songket sebagai pakaian tradisional dari Malaysia. Dalam foto yang ditampilkan Unesco, terlihat seorang wanita memakai kain songket berlatar ornamen khas Minangkabau.

Belakangan diketahui berdasarkan penelusuran warganet, foto tersebut dipotret oleh akun @alfurqanhidayatulkhaira, seorang fotografer asal Pariaman.

Dalam captionnya, postingan tersebut ditampilkan Unesco untuk memperingati hari fashion dunia. "Hari ini, kita tidak hanya merayakan keindahan fashion namun juga warisan budaya di baliknya," tulis unesco dalam postingan itu.

Foto kain songket terletak pada slide ke-2 dari 8 foto yang ditampilkan dari berbagai negara. "Kain tenun tradisional Malaysia," tulis Unesco dalam kutipan singkat foto tersebut.

Di bagian bawah foto, terdapat kredit yang dialamatkan pada Alfurqan Hidayatul yang diambil dari Shutterstock. Sebuah website penyedia foto dari Amerika Serikat.

Postingan tersebut menuai beragam komentar dari warganet Indonesia. Alfurqan Hidayatul sendiri berkomentar bahwa songket yang ada di dalam foto berasal dari kawasan Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Berbagai akun lainnya turut berkomentar bahwa kain songket yang ditampilkan dalam foto tersebut berasal dari Pandai Sikek, Sumatra Barat. Dinas Pariwisata Sumbar turut mengklarifikasi hal tersebut. Dalam komentarnya, @dispar.sumbar menyatakan foto itu diambil saat festival Pandai Sikek tanggal 27 Agustus 2022.

Karena dipakai dalam rangka mempromosikan Songket Malaysia, Dispar Sumbar meminta Unesco dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

Salah seorang warganet @haluhalu.pageant mengadukan hal tersebut di salah satu postingan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. "Pak Sandi, di IG Unesco Songket Pandai Sikek Sumbar yang difoto sama fotografer Indonesia dibranding jadi 'Songket Malaysia', tulisnya.

Sandiaga lalu menjawab akan mengecek segera kebenaran beritanya. "@haluhalu.pageant Terima kasih infonya, nanti akan kami cek segera kebenaran beritanya," tulis Sandiaga.

Diketahui Unesco merupakan organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain foto Songket yang dikatakan dari Malaysia, ada delapan foto tenunan tradisional lainnya yang ditampilkan.

Di antaranya Yuki-tsumugi dari Jepang, Altita dari Romania/Molodva, Jamdani dari Bangladesh, dan Batik dari Indonesia. (*/yki)

Baca Juga

UNESCO Tetapkan Arsip Indarung I Semen Padang sebagai MOWCAP
UNESCO Tetapkan Arsip Indarung I Semen Padang sebagai MOWCAP
Seniman dan Anak Nagari Sumbar Rumuskan Rekomendasi untuk WTBOS
Seniman dan Anak Nagari Sumbar Rumuskan Rekomendasi untuk WTBOS
Sebanyak 17.319 civitas akademika Universitas Negeri Padang mengikuti kegiatan UNP Basongket ini yang digelar di Depan Auditorium UNP, Kamis
Diikuti 17.319 Civitas Akademika, UNP Basongket Pecahkan Rekor MURI dan Dunia
Hari Lahir Budayawan Asal Sumbar Ditetapkan Sebagai Hari Perayaan Internasional
Hari Lahir Budayawan Asal Sumbar Ditetapkan Sebagai Hari Perayaan Internasional
Bahasa Indonesia Ditetapkan Sebagai Bahasa Resmi UNESCO
Bahasa Indonesia Ditetapkan Sebagai Bahasa Resmi UNESCO
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar angkat bicara terkait postingan Instagram @unesco soal songket. Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Hendri
Pemkab Tanah Datar Angkat Bicara Soal Postingan Songket Malaysia di Instagram Unesco