Manfaat Konsumsi Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Kelapa muda merupakan salah satu tumbuhan tropis yang unik. Hal ini karena selain daging buahnya yang dapat dimakan langsung,

Pohon kelapa. [foto: pixabay.com]

Langgam.id - Kelapa muda merupakan salah satu tumbuhan tropis yang unik. Hal ini karena selain daging buahnya yang dapat dimakan langsung, air buahnya juga dapat dikonsumsi langsung tanpa diolah.

Kepala muda selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi juga memiliki komposisi gizi yang baik, di antaranya asam lemak dan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Sementara itu, air kelapa selain sebagai minuman yang sejuk, juga mengandung berbagai mineral, vitamin dan gula serta asam amino esensial. Sehingga tergolong minuman yang bernilai gizi tinggi dan menyembuhkan banyak penyakit.

Dalam sebuah ulasan disebutkan bahwa kelapa muda dikatakan mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Air kelapa muda dikenal sebagai minuman yang memiliki banyak kegunaan seperti membunuh cacing di perut, baik untuk penderita kolera, mengurangi gatal akibat cacar dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Hal ini karena air kelapa muda secara alami memiliki komposisi mineral dan gula yang sempurna, sehingga memiliki keseimbangan elektrolit yang sempurna, seperti halnya cairan tubuh manusia.

Air kelapa muda kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi ringan termasuk untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil. Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan.

Dilansir dari yankes.Kemenkes.go.id pada Selasa (8/8/2023), berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa muda bagi kesehatan :

1. Mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

3. Mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular

4. Meredakan gejala diare

5. Mencegat terbentuknya batu ginjal

6. Menurunkan dan mengontrol gula darah

7. Meredakan gejala asam lambung

8. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Pada dasarnya komposisi nutrisi air kelapa muda dan air kelapa tua tidak jauh berbeda. Air kelapa tua juga mengandung asam amino dan berbagai mineral, seperti sodium, selenium, fosfor, kalium, dan zinc. Inilah yang membuat air kelapa tua begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan, diantaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Menjaga saluran pencernaan

3. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

4. Menurunkan dan mengontrol kadar gula darah

Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa, kamu bisa minum air kelapa yang diambil langsung dari buahnya. Disarankan tidak menambahkan gula maupun pemanis buatan ke dalamnya. Kelapa tua maupun kelapa muda sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian disampaikan bahwa orang yang menderita penyakit jantung, mungkin dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi jantung dengan minum air kelapa muda secara rutin.

Penelitian itu dilakukan terhadap tikus sebagai hewan uji coba, karena tikus memiliki struktur jantung yang sama dengan manusia. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa daya tahan tikus tersebut terhadap serangan penyakit jantung meningkat, setelah diberi minum air kelapa muda.

Dari 24 ekor tikus yang diujicobakan, 12 ekor yang diberi minum air kelapa muda ternyata terhindar dari masalah penyakit jantung. Dalam hal tersebut tim percaya kalau air kelapa muda dapat menolong penderita jantung karena di dalamnya mengandung kalium (K), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). (Hafifah Meylani Syukri/yki)

Baca Juga

Panen Padi Demplot Bersawah Pokok Murah, Pj Wako: Upaya Tingkatkan Produksi Padi di Padang
Panen Padi Demplot Bersawah Pokok Murah, Pj Wako: Upaya Tingkatkan Produksi Padi di Padang
Kontes Ternak dan Livestock Expo 2024, Audy: Meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Sumbar
Kontes Ternak dan Livestock Expo 2024, Audy: Meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Sumbar
Calon Bupati Dharmasraya Annisa Suci Ramadhani Blusukan di Pasar Sikabau
Bakal Bangun BUMD, Calon Bupati Dharmasraya Annisa: Atasi Ketimpangan Harga dan Sejahterakan Petani 
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen mengungkapkan bahwa ada 56 pasangan calon (paslon) kepala daerah di Sumatra Barat untuk Pemilihan
Rumah Bagonjong Ajak Masyarakat Sumbar Dukung Pilkada Serentak 2024 Berjalan Sukses
Fadly Amran Jangkau Seluruh Lapisan Masyarakat, dari Emak-emak Sampai Driver Ojol
Fadly Amran Jangkau Seluruh Lapisan Masyarakat, dari Emak-emak Sampai Driver Ojol
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melalui Lembaga Kerjasama dan Urusan Luar Negeri (LKUI) kembali melaksanakan VR2ISEP
Ikuti VR2ISEP 2024, UM Sumatera Barat Harap Generasi Muda Berkolaborasi Memajukan Minangkabau