Muswil VI KB PII Sumbar, Menjaga Eksistensi Gerakan: Adaptasi, Kolaborasi, dan Ekselerasi di Era Disrupsi

Muswil VI KB PII Sumbar, Menjaga Eksistensi Gerakan: Adaptasi, Kolaborasi, dan Ekselerasi di Era Disrupsi

Persiapan Muswil VI KB PPI Sumbar. (Foto: Dok. Panitia)

Langgam.id - Organisasi alumni Pelajar Islam Indonesia (PII) Sumatera Barat, Perhimpunan Keluarga Besar (KB) PII Sumatera Barat akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) VI, pada tanggal 19-20 Agustus 2023, di Mifan Fantasi (Mifan) Padang Panjang.

Ezi Fitriana, selaku Ketua Steering Committee mengatakan, ada narasi dan gagasan yang hendak diubah.

Organisasi alumni adalah wadah organisasi yang berbadan hukum Ormas. Mereka yang telah menuntaskan posisi sebagai kader, pelajar atau mahasiswa bernaung di sini.

“Tugasnya adalah, meneruskan kiprah keummamtan, karenanya tema Muswil kali ini adalah “Menjaga Eksistensi Gerakan: Adaptasi, Kolaborasi dan Ekselarasi di Era Disrupsi” kata Ezi, dalam keterangan resmi, Minggu (23/7/2023).

Muswil tidak hanya sekedar ajang mengganti dan meregenerasi pengurus.

Namun, Muswil adalah ajang untuk berefleksi, ajang untuk terus menjaga eksistensi.

Ajang untuk melakukan lompatan dan perubahan organisasi. Apalagi dengan era disrupsi ini, era 4.0. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menimbulkan perubahan mendasar dalam hampir semua aspek kehidupan umat manusia.

Manusia hidup dalam dunia dan budaya digital yang serba mudah, cepat, dan luas yang memengaruhi alam pikiran dan orientasi tindakan yang menjadikan dirinya seperti insan modular.

“Semua harus beradaptasi, jika tidak bakal terlindas dan tertinggal”tegas Ezi.

Perhimpunan Keluarga Besar PII diharapkan tidak hanya sebagai wadah silaturahmi dan filantropi akan tetapi harus aktif dan eksis dalam menjawab berbagai issue-issue aktual keummatan dan kebangsaan.

Memiliki kemampuan beradaptasi dan transformasi sehingga dapat berakselerasi dan mempertahankan eksistensi di lintas zaman.

Gusri Efendi, selaku Ketua Organizing Committee menambahkan, acara Insya Allah, akan dibuka oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy M.AP, akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Sumatera Barat, Ketua Umum Pengurus KB PII Pusat, Kanda Nasrhullah Larada, S.IP, serta Wali Kota Padang Panjang.

Selain hadir, mereka akan memberikan pandangan seputar pendidikan, dan berbagai persoalan dan solusi masalah bangsa dan keummatan terkini.

Acara akan dirangkai dengan, Dialog Lintas Generasi Perhimpunan KBPII Sumbar, Launching Kanal Youtube "Diskusi Pangilun" yang selama ini telah memberikan pengaruh pada budaya dan dinamika intelektual di Sumbar

Selain itu, ada Launching Lazisku Sumatera Barat, yang telah mendapat izin dari Kemenag RI. Dan Expo dan Bazar Produk-Produk UMKM.

“Lebih kurang 1000 alumni PII akan hadir di Padang Panjang” tutup Gusri. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Anggota DPR RI Sumbar Andre Rosiade ditetapkan menjadi Wakil Ketua Komisi VI. Penetapan berlaku setelah Ketua DPR Puan Maharani
Jadi Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade Fokus dalam Pembenahan BUMN
UM Sumatera Barat mengadakan Career Workshop Wisudawan-Wisudawati angkatan ke-75 Periode 2023-2024, Selasa (22/10/2024)
Gandeng BTPN Syariah, UM Sumatera Barat Gelar Career Workshop Bagi Wisudawan
Plt Gubernur Audy Pimpin Apel Peringatan Hari Santri Tingkat Provinsi Sumbar 2024
Plt Gubernur Audy Pimpin Apel Peringatan Hari Santri Tingkat Provinsi Sumbar 2024
Peringatan Hari Santri Nasional, Fadly Amran Raih Penghargaan dan Sosialisasikan Program Kota Pintar
Peringatan Hari Santri Nasional, Fadly Amran Raih Penghargaan dan Sosialisasikan Program Kota Pintar
Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2024
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Turut Pantau Pelaksanaan SKD CPNS Kemenag 2024
PT Hutama Karya (HK) sudah diumumkan secara resmi sebagai pemenang lelang tender pengerjaan Flyover Sitinjau Lauik pada Senin (21/10/2024).
Hutama Karya Pemenang Tender Flyover Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Prabowo akan Letakkan Batu Pertama