Kerugian Akibat Angin Kencang di Payakumbuh Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Kerugian Akibat Angin Kencang di Payakumbuh Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Pohon tumbang akibat angin kencang di Payakumbuh. (Foto: payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Akibat hujan disertai angin kencang di Payakumbuh pada Minggu (10/11/2019), sejumlah pohon tumbang dan beberapa rumah rusak. Hasil pendataan BPBD Payakumbuh, kerugian mencapai Rp 330 juta.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Payakumbuh An Denithral mengatakan, bencana tersebut menimbulkan sejumlah dampak.

"Pertama, 11 pohon tumbang. Kedua, atap rumah yang diterbangkan angin sebanyak 13 unit. Ketiga, atap rumah yang ditimpa pohon sebanyak 10 unit. Keempat, bengkel yang ambruk sebanyak 2 unit. Kelima, sekolah PAUD yang ditimpa pohon sebanyak 1 unit dan keenam, parkiran motor SDN 19 yang roboh," katanya, sebagaimana dilansir Humas di situs resmi Pemko Payakumbuh, Senin (11/22/2019).

Menurutnya, data yang dikumpulkan baru sementara. "Seharian kemarin masih didata di lokasi pohon Beringin sepanjang Jalan M Yamin sampai Bukit Sitabur, ada 4 titik akses jalan terhambat di jalan utama,” ujar An Denithral.

Ia mengatakan, pascabencana, Tim Reaksi Cepat (TRC) Payakumbuh yang terdiri dari BPBD, Satpol PP, Damkar, Dinas PUPR, Dinsos, Dinas LH, Dishub, Basarnas, TNI, Polri, PMI, dan KSB. "Langsung melakukan tanggap darurat dengan turun ke lokasi yang terdampak bencana, dipimpin langsung Wali kota, Wakapolres, Sekda, dan Asisten."

Untuk Senin, menurutnya, tim fokus mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kelurahan Sicincin. "Di sini titik yang paling banyak. Kemudian ke Kelurahan Tiakar, dan besok dilanjutkan,” tuturnya.

Sekretaris Daerah Rida Ananda mengatakan pihaknya masih terus mendata kerugian akibat bencana.
“Data pastinya belum bisa kami sampaikan, nanti kalau sudah fix kami sampaikan ke media,” ujarnya. (*/SS)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh menerima dua penghargaan pada awal Mei 2024 ini. Kedua penghargaaan tersebut diterima Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman saat
Awal Mei, Pemko Payakumbuh Raih Dua Penghargaan
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman melantik 194 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Payakumbuh 2024
194 PPPK Terima SK Pengangkatan, Ini Harapan Pj Wali Kota Payakumbuh
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman menyampaikan Nota Pengantar Wali Kota Payakumbuh tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
Wako Payakumbuh Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pj Wako Payakumbuh Sidak ke OPD dan BUMD
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman bersama Ketua TP PKK, Lasta Jasman menyerahkan santunan untuk 20 orang masyarakat kurang mampu, Selasa
Pj Wako Payakumbuh Serahkan Bantuan Emersia untuk Keluarga Kurang Mampu
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh menyerahkan 96 paket bantuan "DWP Peduli dan Berbagi" di Balai Kota Payakumbuh, Selasa (2/4/2024).
Jelang Lebaran, DWP Kota Payakumbuh Serahkan 96 Paket Bantuan