TdS Etape 4: Ke Sawahlunto dari Dharmasraya, Menyusur Lintas Tengah Sumatra

TdS Etape 4: Ke Sawahlunto dari Dharmasraya, Menyusur Lintas Tengah Sumatra

Pembalap TdS melewati Jembatan "kabel" PDRI di Dharmasraya. (Foto: Tim Media TdS 2019)

Langgam.id - Memasuki etape keempat Tour de Singkarak 2019, para pembalap akan menjalani rute sepanjang 205,3 kilometer, Selasa (5/11/2019). Mereka start dari depan Kantor Bupati Dharmasraya dan finis di Lapangan Segitiga, Kota Sawahlunto.

Rute dari pusat Kerajaan Malayu Dharmasraya pada abad ke-12 menuju pusat tambang warisan dunia Unesco tersebut akan menyusuri jalan lintas tengah Sumatra. Pembalap akan melewati Simpang Sikabau, Koto Baru, Polres Dharmasraya, Kiliran Jao, MAN 1 Sijunjung hingga sampai nanti di pusat kota tua Sawahlunto.

Tim Media TdS 2019 merilis, delapan pembalap kemungkinan besar tidak bisa ikut serta memperkuat tim mereka. Hal ini karena pada etape sebelumnya tidak dapat melanjutkan jalannya perlombaan. Mereka adalah Jinggo Tabayoyong, Amirhossein Jamshidian Ghalehsefidi, Jetsada Janluang, James Jober, Phyuth Youen, Joshua Harris, Mahdi Rouzbahaneh dan Arri Pratama.

Pada etape 4 ini, karakteristik medan lintasan sangat berbeda jika dibandingkan etape 3 ketiga dengan jalur cukup ekstrem. Banyak pendakian, penurunan dan tikungan yang tajam. Lintasan etape ini merupakan lintasan monoton bagi pembalap, karena umumnya jalan lurus dan datar.

Lintasan ini, hanya memiliki dua titik tanjakan atau King Of Mountain (KOM) yakni berada di Kota Baru dan Kiliran Jao. Sementara untuk Sprint terdapat tiga titik masing-masing berada di Koto Baru, Dharmasraya dan Tanjung Gadang.

Lebih banyaknya titik Sprint ketimbang King Of Mountain pada etape ini, karena rute didominasi lintasan yang lurus. Kondisi cuaca yang cukup panas, juga dipastikan bakal menguras energi para pebalap.

Menjelang etape keempat ini, pembalap asal Australia, Jesse Ewart yang memperkuat Team Sapura Cycling masih kokoh dipuncak klasemen sementara. Ewart membukukan total catatan waktu 8 jam 42 menit 49 detik.

Perubahan pemuncak klasemen sementara bisa saja berubah. Hal ini mengingat Ewart saat ini ditempel ketat oleh rekan setimnya yakni Cristian Raileanu yang hanya terpaut 1 menit 9 detik. Disusul peringkat ketiga pembalap dari Go For Gold Philippine, Ismael Grospe Jr dengan torehan total waktu 8 jam 46 menit 16 detik. (*/SS)

Baca Juga

Langgam.id - Setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, TdS Connecting Sumatra batal lagi dan direncanakan 2023.
Masih Was-was Pandemi, TdS Connecting Sumatra Batal Digelar Tahun Ini
Langgam.id-TdS 2021
Dana TdS 2021 Sudah Terpakai Meski Iven Batal, Dispar: Belum Dihitung Jumlahnya
Langgam.id-TdS 2021
TdS 2021 Batal, Dispar Sumbar Kirim Surat ke PB ISSI dan Kemenparekraf
Tak Dapat Rekomendasi, Tour de Singkarak 2021 Dibatalkan
Tak Dapat Rekomendasi, Tour de Singkarak 2021 Dibatalkan
Langgam.id-TdS 2021
Persiapan Terus Berjalan, Kepastian TdS 2021 Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19
Langgam.id-Tour de Singkarak
Masih Pandemi, Pemko Padang Batalkan Keikutsertaan di TdS 2021