Peringati Hari Kemerdekaan, Gubernur: Kibarkan Bendera Sebulan Penuh

Peringati Hari Kemerdekaan, Gubernur: Kibarkan Bendera Sebulan Penuh

Gubernur Sumbar Mahyeldi. [Foto: Diskominfotik Sumbar]

Langgam.id - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengintruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan di lingkup pemerintahnya untuk memasang bendera merah putih di tempat tinggal masing-masing selama satu bulan penuh.

Hal itu disampaikan saat kegiatan Subuh Mubarakah yang dilaksanakan pada hari Ahad pertama setiap bulan bagi ASN Pemprov Sumbar. Sekaligus, kegiatan Minggu (7/8/2022), dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H di Masjid Raya Sumbar.

Bendera merah putih tidak mudah untuk dikibarkan seperti sekarang ini. Banyak tetes darah, keringat, serta perjuangan para tokoh pahlawan demi mempertahankan bendera merah putih untuk berkibar di tanah air.

Menurut Gubernur, ini salah satu kesempatan warga, terutama ASN membuktikan rasa nasionalisme mereka. ASN mesti cinta tanah air dan bangsa, dengan berdedikasi tinggi, serta bekerja secara maksimal untuk melayani bangsa.

Gubernur juga sempat bercerita perjuangan para tokoh pahlawan dalam mempertahankan bendera merah putih. Sejarah mencatat marahnya Arek Suroboyo melihat bendera merah putih biru berkobar di Hotel Yamato.

"Mereka merobek bendera warna biru sehingga kembali menjadi bendera merah putih," kata Mahyeldi.

Kesulitan mempertahankan bendera terjadi di seluruh daerah. Sebab itu gubernur mewajibkan tiap ASN selama satu bulan penuh mengibarkan bendera merah putih di rumah masing-masing.

"Ini momen untuk menghormati perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan hingga saat ini," katanya.

Terlebih, lanjut Mahyeldi, semangat proklamasi tahun sekarang dibarengi dengan peringatan tahun baru Hijriyah ke-1444 H. Dua peringatan itu diharapkan menjadi ajang meningkatkan pelayanan para ASN pada masyarakat.

Baca Juga: Sambut HUT ke-77 RI, Pemkab Dharmasraya Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Penuh

Hal tersebut senada dengan tausiyah Buya H. Masoed Abidin, dengan tema “Mari Tingkatkan Keimanan Serta Perkuat Persaudaraan dan Solidaritas”. Dalam ceramahnya dia menyampaikan, ASN merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Polisi Masih Buru Pelaku Curas di Padang Panjang yang Sebabkan Seorang Nenek Meninggal
Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas dan Istri Luka-luka
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Stunting di Pesisir Selatan Meningkat, Capai 2.314 Kasus
Bagi masyarakat Padang Panjang yang memiliki hewan peliharaan dengan penular rabies seperti kucing, anjing dan kera, bisa mengikuti vaksinasi massal rabies yang dimulai Senin
Vaksinasi Massal Rabies Gratis Digelar di Padang Panjang Mulai 6 Mei
Sebanyak 85 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat dan sekitarnya selama April 2024. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 3
85 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Selama April 2024
669 P3K di Tanah Datar Dilantik
669 P3K di Tanah Datar Dilantik
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dapur Sehat Go Gizi (Dagozi), Kolaborasi Lintas Sektor Atasi Stunting di Kecamatan Lubeg