H-2 Lebaran: Arus Mudik Riau-Sumbar di Fly Over Kelok 9 Naik 200 Persen

H-2 Lebaran: Arus Mudik Riau-Sumbar di Fly Over Kelok 9 Naik 200 Persen

Ilustrasi Flyover Kelok 9 di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. (presidenri.go.id)

Langgam.id - Dua hari jelang Idul Fitri 1443 Hijriyah alias H-2 Lebaran, arus mudik di Fly Over Kelok 9, Kabupaten Limapuluh Kota, naik hingga 200 persen. Arus lalu lintas dari Riau memasuki Sumatra Barat (Sumbar) tersebut baik pada pagi hari maupun malam.

"Kondisi sekarang arus mudik cukup luar biasa, peningkatan volume mencapai 200 persen dari hari biasa. Peningkatan volume kendaraan ini terjadi mulai pagi, siang hingga malam," ujar Kasat Lantas Polres Limapuluh Kota, AKP Dian Jumes Putra, Sabtu (30/4/2022).

Dia mengungkapkan, meskipun terjadi peningkatan volume kendaraan, namun untuk arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar. Belum ada terjadi antrian kendaraan atau kemacetan.

"Arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar, begitupun di Fly Over Kelok Sembilan," katanya sembari menyebutkan telah mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan.

Baca Juga; Cegah Ganggu Arus Mudik, Polisi Tertibkan 5 Lokasi Minta Sumbangan di Jalan Lintas Sumatra

Salah satunya, kata Dian, antisipasi kemacetan terjadi di dalam kota seperti di Jalan Raya Negara Tanjung Pati. Di kawasan ini pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan satu arah.

Hal ini mengingat karena jalan berada di dekat Pasar Sarilamak. "Jadi jalur pasar satu arah, ini antisipasi kemacetan. Kondisi kan pasar ramai, kalau dibiarkan dengan ditambah volume kendaraan kalau tidak diantisipasi akan terjadi kemacetan," jelasnya.

Dia menyebutkan, untuk pemudik dari Riau tetap melintas di jalur lintas Sumatra. Rekayasa lalu lintas hanya dilakukan di jalan kota.

"Kami mengimbau kepada pemudik untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tetap berhati-hati dalam berkendara. Jika merasa ngantuk, sebaiknya beristrikan," tuturnya. (Irwanda/SS)

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan 17 bandara udara di Indonesia berstatus bandara internasional. Sebelumnya ada 34 bandara
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional, Salah Satunya BIM
Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Kandaskan Korea Selatan Lewat Adu Tos-tosan, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23
Kandaskan Korea Selatan Lewat Adu Tos-tosan, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23
99 Tahun Gedung De Javasche Bank Padang (1)
99 Tahun Gedung De Javasche Bank Padang (1)
Seorang operator excavator yang melakukan pengerukan material lahar dingin di Kelok Hantu Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar),
Seorang Pekerja Normalisasi Sungai di Kelok Hantu Meninggal akibat Terseret Arus Sungai Berhulu Gunung Marapi
Tiga dari empat orang warga Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat berhasil kabur dari apartemen di Malaysia setelah menjadi korban TPPO.
4 Warga Sumbar Dijadikan PSK di Malaysia: Dipaksa Kirim Foto Pakai Bra, Berhasil Kabur dari Apartemen