Ini 12 Titik Rawan Longsor di Jalur Mudik Sumbar, Masyarakat Diminta Waspada

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dishub Sumbar mencatat ada sebanyak 12 ruas jalan yang rawan longsor di wilayah Provinsi Sumbar.

Ilustrasi longsor. [foto: canva.com]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dishub Sumbar mencatat ada sebanyak 12 ruas jalan yang rawan longsor di wilayah Provinsi Sumbar.

Langgam.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mencatat ada sebanyak 12 ruas jalan yang rawan longsor di wilayah Provinsi Sumbar.

Masyarakat yang mudik diminta waspada dan hati-hati saat melewati jalur tersebut.

Kepala Dishub Sumbar Heri Noviardi menjelaskan pada lebaran tahun 2022 ini pemerintah pusat memperbolehkan masyarakat untuk mudik di kampung halaman.

"Pemprov mencatat data perkiraan akan ada sebanyak 1,8 juta perantau Minang yang akan pulang ke kampung," katanya, Kamis (21/4/2022).

Bagi pemudik yang melewati jalan darat, diingatkan terkait adanya jalur rawan longsor. Pihaknya mencatat ada sejumlah ruas jalan rawan longsor yang tersebar di 19 kabupaten dan kota.

Kemudian Heri mengingatkan bagi para pemudik yang datang ke Sumbar agar hati-hati di jalan. Pengemudi harus perhatikan jalur rawan macet, rawan kecelakaan, dan longsor di sejumlah titik.

"Medan jalan kita di Sumbar banyak jalan yang tanjakan tinggi, ada jurang dan sebagainya, jadi masyarakat tolong perhatikan rambu-rambu," katanya.

Kemudian pengemudi diminta mengecek betul-betul kesehatan kendaraan baik mesin, oli, lampu dan lainnya. Termasuk dokumen kendaraan harus dibawa dengan lengkap.

Selanjutnya terang Heri, pemudik juga dapat mengunakan informasi cuaca dan iklim dari internet atau dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

Sehingga pemudik dapat memperkirakan bagaimana perjalanan yang akan ditempuh nantinya.

"Kemudian manfaatkan juga GPS, nanti di sana ada jalur merah, jalur kuning, jalur biru, informasi di sana bisa digunakan," katanya.

Pihaknya nanti juga bakal menempatkan petugas yang akan bersiaga di lokasi rawan longsor ini.

Baca juga: Bakal Meningkat, Lonjakan Pemudik Diperkirakan Capai 1,8 Juta

Berikut ini daftar lokasi jalan rawan longsor di Sumbar berdasarkan pemetaan oleh Dishub Sumbar.

Arah Timur
1. Padang - Lubuk Selasih
2. Lubuk Selasih - Padang Aro
3. Muaro Kalaban - Sawahlunto
4. Muaro Kalaban - Kiliranjao

Arah Barat
1. Bukittinggi - Lubuk Sikaping

Arah Utara
1. Sicincin - Padang Panjang
2. Sicincin - Malalak
3. Manggopoh - Padang Luar
4. Payakumbuh - Batas Riau

Arah Selatan
1. Padang - Painan
2. Painan - Tapan
3. Tapan - Batas Jambi (Kerinci)

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

BNNP Sumbar Gagalkan Penyelundupan Setengah Ton Ganja di Kabupaten Pasaman 
BNNP Sumbar Gagalkan Penyelundupan Setengah Ton Ganja di Kabupaten Pasaman 
Ahmad Hafidz
Nagari Creative Hub: Penggerak Ekonomi Masyarakat
Sebanyak 14 anggota DPR RI dan 4 anggota DPD RI terpilih asal Sumatra Barat untuk periode 2024-2029 telah dilantik pada 1 Oktober 2024
Harta Kekayaan Anggota DPR dan DPD Asal Sumbar: Mulyadi Terkaya, Cerint Iralloza Terendah
Menteri BUMN Erick Thohir telah menyetujui pengalihan lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pengembangan RSUP M Djamil Kota Padang.
Flyover Sitinjau Lauik Segera Dibangun, Andre: Pemenang Lelang Diumumkan 7 Oktober 2024
Anugerah Kebudayaan Sumatra Barat 2024 memberikan pengakuan terhadap para tokoh yang telah memberikan kontribusi besar dalam memajukan
Profil dan Jasa Tujuh Tokoh Penerima Anugerah Kebudayaan Sumatra Barat 2024
Pilkada di Sumatra Barat tahun 2024 telah menghidupkan kembali diskursus panjang tentang demokrasi dan oligarki, sebuah ironi di tengah
Jika Kita Hanya Bisa Mencoblos Dinasti Oligarki