Pertamina Siapkan SPBU Kantong untuk Jamin Ketersediaan BBM Selama Lebaran di Sumbar

Langgam.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus berupaya mengawasi mutu Bahan Bakar Minyak (BBM) terutama jenis Pertalite.

Ilustrasi. (Foto: Skitterphoto/pixabay.com)

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pertamina siapkan SPBU Kantong untuk memenuhi kebutuhan BBM di Sumbar di momen lebaran.

Langgam.id - Pertamina akan menjamin ketersedian Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji selama momen lebaran tahun 2022 di Sumatra Barat (Sumbar). Salah satunya dengan menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kantong di sejumlah titik.

Sales Area Manager Pertamina Sumbar, Narotama Aulia Fazri mengatakan, momen Ramadan dan Lebaran ini akan ada peningkatan konsumsi BBM. Pihaknya  menjamin ketersedian BBM untuk semua produk.

Dia menjelaskan, untuk BBM jenis pertamax, stok saat ini mencapai 21.800 kiloliter. Kemudian, 24 April akan datang lagi kapal suplai baru sekitar 12.000 kiloliter. Jumlah tersebut aman untuk 30 hari kedepan.

"Kalau untuk pertalite kita ada stok 11.400 kiloliter, nanti akan datang kapal baru lagi di tanggal 15  April sekitar 32.00 kiloliter, jadi sudah aman untuk 15 hari kedepan, nanti akan ada lagi datang kapal," ujar Narotama saat rapat bersama anggota dewan di Gedung DPRD Sumbar, Selasa (12/4/2022).

Kemudian, kata Narotama, untuk solar stok saat ini ada 13.100 kiloliter dan bisa aman sampai beberapa hari kedepan. Lalu, juga sudah datang kapal yang membawa stok sebanyak 19.000 kiloliter.

Pertamina, lanjut Narotama, juga bakal menyiapkan SPBU kantong di sembilan titik di Sumbar. SPBU kantong merupakan SPBU tambahan di kantong-kantong yang telah dipilih, terutama di wilayah wisata seperti Kota Bukittinggi, Payakumbuh, Tanah Datar dan sekitarnya.

"Tujuan SPBU kantong supaya menjaga agar tidak terjadi kekosongan di pom bensin di daerah tersebut, terutama di wilayah wisata, kami pilih berdasarkan data yang ada kalau di sana ada peningkatan stok," paparnya.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan stok bagi mobil yang kehabisan BBM di jalan saat berada di tengah kemacetan di jalur mudik. Masyarakat dapat menghubungi nomor 135 dan Pertamina akan siap mengantar ke lokasi tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan yang lebih parah.

Selain itu, Pertashop juga tersebar di berbagai daerah yang bakal membantu stok BBM masyarakat. Bahkan Sumbar memiliki Pertashop yang banyak dan sekitar 50 persen dari seluruh Pertashop yang ada di wilayah Sumbagut.

Lalu, Narotama juga memastikan, stok Elpiji juga sudah diamankan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Karena saat momen Ramadan, terjadi peningkatan konsumsi Elpiji, karena meningkatnya kegiatan memasak di tengah masyarakat.

Kuota Elpiji untuk Sumbar sampai Maret, tambah Narotama, sebanyak 30.932 metriks ton dan realisasinya sudah sebanyak 30.967 metriks ton.

Baca juga: Dirut Pertamina Pastikan Stok BBM untuk Seluruh Provinsi Aman dan Lebihi Kuota

"Jumlah tersebut over sedikit dari jumlah ditentukan. Pertamina bisa menambah kuota tersebut untuk menghadapi momen lebaran," katanya.

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

BNNP Sumbar Gagalkan Penyelundupan Setengah Ton Ganja di Kabupaten Pasaman 
BNNP Sumbar Gagalkan Penyelundupan Setengah Ton Ganja di Kabupaten Pasaman 
Ahmad Hafidz
Nagari Creative Hub: Penggerak Ekonomi Masyarakat
Sebanyak 14 anggota DPR RI dan 4 anggota DPD RI terpilih asal Sumatra Barat untuk periode 2024-2029 telah dilantik pada 1 Oktober 2024
Harta Kekayaan Anggota DPR dan DPD Asal Sumbar: Mulyadi Terkaya, Cerint Iralloza Terendah
Menteri BUMN Erick Thohir telah menyetujui pengalihan lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pengembangan RSUP M Djamil Kota Padang.
Flyover Sitinjau Lauik Segera Dibangun, Andre: Pemenang Lelang Diumumkan 7 Oktober 2024
Anugerah Kebudayaan Sumatra Barat 2024 memberikan pengakuan terhadap para tokoh yang telah memberikan kontribusi besar dalam memajukan
Profil dan Jasa Tujuh Tokoh Penerima Anugerah Kebudayaan Sumatra Barat 2024
Pilkada di Sumatra Barat tahun 2024 telah menghidupkan kembali diskursus panjang tentang demokrasi dan oligarki, sebuah ironi di tengah
Jika Kita Hanya Bisa Mencoblos Dinasti Oligarki