Kunjungan Perdana ke Gubernur, Danrem 032/Wirabraja Siap Bantu Pembangunan Sumbar

Kunjungan Perdana ke Gubernur, Danrem 032/Wirabraja Siap Bantu Pembangunan Sumbar

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto bertemu Gubernur Sumbar Mahyeldi (Foto: Biro Adpim Pemprov Sumbar)

Langgam.id-Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto menyatakan pihaknya siap membantu pembangunan di Sumatra Barat (Sumbar). Hal ini disampaikan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam kunjungan perdana usai dilantik, di Istana Gubernur, Senin (27/12/2021).

Brigjen TNI Purmanto menyebut pihaknya siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumbar dalam mendukung pembangunan daerah. Kolaborasi harus dilakukan  untuk mensinkronkan kehadiran Korem 032/Wirabraja membantu pemerintah daerah dalam pembangunan.

"Sinergi dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan ketika TNI melaksanakan tugas di lapangan guna membantu pemerintah daerah untuk memajukan daerah, bangsa dan negara," katanya lewat keterangan tertulis Pemprov Sumbar, Senin (27/12/2021).

Ia mengatakan nantinya tidak hanya urusan teritorial yang akan menjadi fokusnya tetapi juga akan berkolaborasi dengan masyarakat Sumbar untuk mengembangkan sektor peternakan dan pertanian.

"Mudah-mudahan ke depan terbangun hubungan yang serasi antara Korem 032/Wirabraja dengan pemerintah dan masyarakat di Sumbar," katanya.

Danrem beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi. Mahyeldi merespon baik apa yang harapkan oleh Korem 032/Wirabraja terhadap pembangunan di Sumbar.

Ia menjelaskam Pemprov Sumbar akan melakukan pembinaan Bumnag dan Bumdes di Sumbar terus dipacu. Tiga strategi yang dilakukan adalah dengan pemilihan pengelola yang tepat, pemilihan bidang usaha yang sesuai dengan potensi nagari, serta pengawasan yang baik.

"Terutama dalam pemanfaatan pupuk dan pakan ternak, mereka nanti akan dilatih untuk membuat pakan ternak," ujarnya.

Menurutnya semangat nasional itu ada di nagari. Kemudian untuk memanfaatkan masyarakat desa dan nagari itu akan ada Dinas PMD yang akan mengawasi.

Selain itu, usahanya juga beragam, mulai dari pariwisata, perkebunan, pengelolaan bank sampah, simpan pinjam, perikanan, perdagangan hasil hutan dan penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan racun hama.

"Semua keuntungan dari Bumnag dan Bumdes sepenuhnya menjadi pendapatan asli nagari dan desa," katanya.

Mahyeldi mengatakan dengan kolaborasi yang baik antara pemprov Sumbardengan Korem dapat mempercepat pembangunan daerah. Mulai dari sektor pertanian maupun dalam melaksanakan tugas pokok lainya yang menjadi program Pemprov Sumbar.

Diketahui sebelumnya, Brigjen TNI Purmanto merupakan Danrem 032/Wirabraja yang baru dilantik pada Rabu (22/12/2021) lalu. Ia dilantik Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin di Makodam I/BB, Medan, Sumatra Utara (Sumut).

Brigjen TNI Purmanto resmi menjabat Danrem) 032/Wirabraja menggantikan Brigjen TNI Arief Gajah Mada yang promosi jabatan sebagai Waaspers Kasad Bidang Binwatpers. Brigjen TNI Purmanto sebelumnya menjabat Danmensis Secapa AD. (*/Rahmadi)

Baca Juga

Permudah Warga Bayar Pajak, Gubernur Sumbar Rilis Program Tabungan Pajak
Permudah Warga Bayar Pajak, Gubernur Sumbar Rilis Program Tabungan Pajak
Langgam.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan, kawasan Sitinjau Lauik harus segera dibenahi dan Flyover dibangun tahun 2023.
Tender Flyover Sitinjau Lauik, Gubernur Sumbar Bentuk Tim Percepatan
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Pengendalian Sampah Selama Lebaran, Gubernur Sumbar Keluarkan Edaran
Pelebaran Jalan Kasang-Duku, Gubernur Apresiasi Balai Jalan Sumbar
Pelebaran Jalan Kasang-Duku, Gubernur Apresiasi Balai Jalan Sumbar
Lindungi 600 Ribu UMKM Sumbar, Mahyeldi Wajibkan Retail Tampung Produk Lokal
Lindungi 600 Ribu UMKM Sumbar, Mahyeldi Wajibkan Retail Tampung Produk Lokal
Gubernur Mahyeldi: Zakat dan Infak Solusi untuk Berbagai Persoalan Umat
Gubernur Mahyeldi: Zakat dan Infak Solusi untuk Berbagai Persoalan Umat