Video 7 Masjid dengan Arsitektur Terbaik Dunia, Salah Satunya Masjid Raya Sumbar

Langgam.id Masjid Raya Sumbar

Masjid Raya Sumbar. [Foto: Hendra]

Langgam.id- Tujuh masjid di dunia dinobatkan sebagai masjid dengan arsitektur terbaik di dunia. Salah satunya Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) yang terletak di Kota Padang.

Selain Masjid Raya Sumbar, penghargaan diberikan kepada Masjid King Abdullah Financial District di Arab Saudi, Masjid Basounah di Republik Arab Mesir, Masjid Merah di Republik Bangladesh, Masjid Sinjklar di Republik Turki, Masjid Emir Chakib Arslan di Lebanon, dan Masjid Clay Jin di Republik Mali.

Penobatan 7 masjid dengan arsitektur terbaik dunia itu, diumumkan dalam upacara penutupan Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid siklus ke 3 periode 2017-2020, di Madinah Arab Saudi Kamis (16/12/2021).

Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid ini dihadiri putra Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz as-Saud Pangeran Sultan Bin Salman dan Pangeran Faisal bin Salman yang juga Gubernur Madinah. Penghargaan untuk Masjid Raya Sumbar diterima Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Eko Hartono.

Langgam.id- Masjid Raya Sumbar raih penghargaan arsitektur terbaik di dunia lewat Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid

Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Eko Hartono menerima Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid yang menobatkan Masjid Raya Sumbar sebagai salah satu masjid dengan arsitektur terbaik dunia. (Foto Twitter @AlFozanAward)

Berdasarkan informasi resmi dari laman alfozan.com, 7 masjid pemenang ini terpilih dari 201 masjid di 43 negara. Penghargaan bertajuk "Arsitektur Masjid di Abad Kedua Puluh Satu" ini bertujuan untuk membangun landasan dan visi yang lebih luas dari tingkatan arsitektur masjid di masa lalu, sekarang dan masa depan.

Ada 4 kategori dalam penghargaan ini, yaitu masjid pusat dengan pengaruh dan kehadiran di tingkat nasional di setiap negara, kategori masjid tempat salat Jumat, kategori masjid lingkungan, dan kategori masjid komunitas, yang diberikan kepada masyarakat lokal sebagai apresiasi atas upaya mereka dalam merawat masjid.

Sultan bin Salman bin AbdulAziz memuji peran masjid di masa depan dari segi arsitektur, kontruksi dan lingkungan masyarakat yang lekat dengan masjid.

"Peran masjid tidak terbatas pada aspek teknis dan modernisasi perkotaan, tetapi masjid juga dikaitkan dengan aspek transformasi masyarakat dan visi masa depan, karena masjid merupakan wadah budaya utama masyarakat," ujarnya dikutip dari alfozan.com.

Masjid Raya Sumbar mulai dibangun pada 2008. Saat itu Sumbar dipimpin Gubernur Gamawan Fauzi. Masjid ini mulai digunakan pada 2014.

Masjid yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman Padang ini, dirancang Urbane Indonesia miliknya Ridwan Kamil yang kini Gubernur Jawa Barat. Tim arsitek dari Urbane Indonesia yang diketuai Rizal Muslimin ini memenangkan sayembara yang digelar Pemprov Sumbar pada 2006.

Berdasarkan video resmi Abdullatif Al Fozan Award di akun Youtube Al Fozan Award, Masjid Raya Sumbar memiliki langit-langit masjid yang cembung, terangkat dari keempat sisinya. Ini mengingatkan kembali pada metode yang ditemukan Nabi Muhammad untuk menyelesaikan perselisihan antara para ahli Quraisy ketika tidak setuju tentang siapa yang akan meletakkan batu hajad aswad. (A)

Berikut video 7 masjid dengan arsitektur terbaik di dunia:

Baca Juga

Sumbar dan Infrastruktur: 'Baitu-baitu Juo'?
Sumbar dan Infrastruktur: 'Baitu-baitu Juo'?
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Soal Penggantian Nama Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Tidak Diganti, Hanya Dilengkapi
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Sebelum Masjid Raya Sumbar Berganti Nama
Sebelum Masjid Raya Sumbar Berganti Nama
Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar