UM Sumbar Siapkan Fasilitas Sambut Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

umsb, UM Sumbar, beasiswa UM Sumbar

Kampus III UM Sumbar di Bukittinggi [dok: umsb.ac.id]

Langgam.id - Universitas Muhamamdiyah Sumatera Barat terima kunjungan dari GERKATIN (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) pada kamis 26 Agustus 2021 di Ruang Rektor Kampus III UM Sumbar Bukittinggi. Pertemuan ini diwakili oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik Um Sumbar dan Ka-Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UM Sumbar.

Kunjungan ini dilatarbelakangi dengan suksesnya UM Sumbar melalui Fakultas Teknik untuk mewisuda Asrafi Abrar salah satu Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) yang berkuliah di Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil UM Sumbar Bukittinggi. Setelah menempuh perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun, asrafi akhirnya menyelesaikan rangkaian perkuliahan dengan dilaksakana ujian komprehensif skripsi pada 21 agustus 2021.

Dalam pelaksanaan ujian asrafi dibantu dengan didatangkannya penterjemah untuk memperlancar komunikasi. Asrafi berhasil menjawab setidaknya 80% pertanyaan yang diberikan oleh tim penguji yang salah satunya adalah Ka-Prodi Teknik Sipil Ir. Surya Eka Priana, MT., IPP. “Pertanyaan yang kami berikan dijawab dengan baik oleh asrafi bahkan langkah-langkah dalam melakukan penelitian dijelaskan dengan sangat baik oleh asrafi”, pungkas beliau.

Wakil Dekan Fakultas Teknik Hariyadi, M.KOM menjelaskan bahwa dengan suksesnya asrafi menyelesaikan perkuliahan di Fak. Teknik UM Sumbar menambah keyakinan bahwa UM Sumbar Khususnya Fak. Teknik bisa menjadi Perguruan Tinggi yang ramah dengan Mahasiswa berkebutuhan khusus dan membuka tangan selebar-lebarnya bagi generasi bangsa yang memeiliki keterbatasan untuk berkuliah di UM Sumbar.

Robert Nino Perwakilan dari Gerkatin menyampaikan terimakasih kepada UM Sumbar yang mau berkomitmen untuk bersama membantu anak berkebutuhan khusus untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selama ini kita terkendala dengan sedikitnya perguruan tinggi yang mau untuk menerima mahasiswa berkebutuhan khusus, “alhamdulillah dengan terbukanya UM Sumbar terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus bisa menjembatani impian generasi bangsa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi”. Ujar beliau. (inf/Ela)

Baca Juga

Dosen Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat), Desmarita Leni D, SPd, MT, meraih hibah
Dosen Teknik Mesin UM Sumatera Barat Raih Hibah PKM 2024
tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengikuti International Student Mobility Program 2024 di UCYP University Malaysia,
3 Mahasiswa UM Sumbar Ikuti Magang dan PKL Internasional di UCYP University Malaysia
Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Sumatera Barat yang tergabung dalam tim kewirausahaan EIKORA
Tim Kewirausahaan EIKORA FKIP UM Sumbar Lolos ke Puncak KMI Expo XV 2024 di Kendari
Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Dr Riki Saputra MA, tekan kerjasama dengan Rektor UM Tapanuli Selatan (Tapsel)
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Tekan Kerjasama dengan UM Tapanuli Selatan
mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Hussein Abdulqader Abdulaziz, menjalani sidang Munaqasyah Pascasarjana.
Sejarah Baru Bagi UM Sumbar, Mahasiswa Asing Pertama Jalani Sidang Munaqasah Pascasarjana
Mahasiswi Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat berhasil meraih gelar Best Presenter dalam ajan
Mahasiswi Teknik Sipil UM Sumbar Raih Best Presenter di Ajang International Conference