Stok Oksigen di RSUD Bukittinggi Mulai Menipis, Direktur: Sekarang Sedang Menunggu

Langgam.id-RSUD Bukittinggi

RSUD Bukittinggi. [Dok. Pemko Bukittinggi]

Langgam.id - Stok oksigen untuk pasien covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bukittinggi mulai menipis. Kelangkaan oksigen ini telah dirasakan sejak Kamis (12/8/2021).

Menurut Direktur RSUD Kota Bukittinggi, dr Vera Maya Sari, stok oksigen saat ini masih dalam perjalanan. Ketersediaan oksigen ini dipasok PT Asiana Gasindo dari Padang.

"Kondisi sekarang sedang menunggu oksigen dari PT Asiana. Menunggu hari ini sekarang. Ketersediaan (oksigen) hanya 2 jam hari ini. Tapi pasien kami tidak banyak," kata Vera dihubungi langgam.id, Jumat (13/8/2021).

Ia mengungkapkan, alasan langka lantaran PT Asiana Gasindo menunggu liquid dari Jakarta. Saat ini, informasi yang didapat, liquid dalam perjalanan.

Baca juga: Sumbar Dapat Bantuan 50 Unit Konsentrator Oksigen dari Panglima TNI

"Alasan memang dari Jawa, tadi malam posisi sudah di Kabupaten Sijunjung, subuh istirahat di Sitinjau Lauik, sekarang sedang mengisi di By Pass Padang," jelasnya.

Untuk RSUD Kota Bukittinggi, kata Vera, pihaknya membutuhkan dalam sehari sebanyak 80 tabung oksigen. Sedangkan kapasitas tempat tidur yang disediakan sebanyak 69, hanya terisi 30 pasien.

Namun, pihaknnya tidak begitu panik, lantaran tidak pakai ventilator. "Lagian kami enggak pakai alat, kami tidak pakai mesin, jadi kami aman. Kami membantu oksigen pasien," ujarnya.

Baca Juga

Musibah longsor terjadi di jalur Padang-Solok, tepatnya di bawah Tugu Bingkuang pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.
Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total Akibat Longsor, 1 Mobil Terseret Material
Survei Spektrum Politika: Elektabilitas Andre Rosiade Dekati Mahyeldi, Berpeluang Kalahkan Petahana
Survei Spektrum Politika: Elektabilitas Andre Rosiade Dekati Mahyeldi, Berpeluang Kalahkan Petahana
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
PPIH Embarkasi Padang Berangkatkan 6.592 Jemaah Haji Tahun Ini
Padang masuk ke dalam delapan kota di Indonesia menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati masa tua. Hal itu berdasarkan survei GoodStats
Triwulan I/2024: BPS Catat Ekonomi Sumbar Tumbuh 4,37 Persen, Masih di Bawah Nasional
Seriusi Maju Sebagai Cagub Sumbar, Rektor UNP Ganefri Mendaftar ke Nasdem
Seriusi Maju Sebagai Cagub Sumbar, Rektor UNP Ganefri Mendaftar ke Nasdem
KAI, kereta padang pariaman
Gubernur Sumbar: Rencana Reaktivasi Jalur Kereta Api Sudah Masuk RPJP