21 Gempa Guncang Sumbar Sepanjang Juli 2021

Gempa sumbar, gempa nias

Ilustrasi gempa [canva]

Langgam.id - Sebanyak 21 gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) sepanjang Juli 2021. Namun tidak semua gempa itu dirasakan getarannya.

“Total 21 kali gempa bumi terjadi di bulan Juli 2021. Dengan frekuensi terbanyak terjadi pada tanggal 16 Juli sebanyak tiga kali gempa,"tulis Stasuin Geofisika Kelas 1 Padang Panjang dalam akun media sosial, Sabtu (7/8/2021).

14 gempa yang mengguncang Sumbar di bulan Juli terjadi di kedalaman di atas 60 kilometer, sementara sisanya terjadi di kedalaman 60-300 kilometer.

Baca juga: Gempa Dirasakan 2 Desa di Mentawai, Warga Berlarian Keluar Rumah

Data Stasiun Geofisika Padang Panjang menunjukkan, gempa tersebut tidak terjadi setiap hari. Paling banyak yakni pada 16 Mei dengan catatan 3 kali gempa. Kemudian pada tanggan 2, 6,17, dan 21 Juli terjadi masing-masing dua kali gempa.

Dari jumlah itu, lima gempa terjadi dengan magnitudo kecil dari 3. Sedangkan 16 gempa lainnya memiliki magnitudo antara 3 sampai lima.

Intensitas gempa di Sumbar masih berlanjut pada awal Agustus 2021. Tercatat pada tanggal 30 Juli-5 Agustus terjadi 6 gempa di wilaya Sumbar.

Dengan magnitudo tersebar yakni 6. Gempa tersebut dapat dirasakan di wilayah III-IV MM, yakni Bengkulu, Padang dan Pariaman.

Tag:

Baca Juga

Selama periode 11-17 Oktober 2024 terdapat delapan kali gempa bumi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya.
8 Gempa Terjadi di Sumbar Selama Periode 11-17 Oktober 2024
Cuaca ekstrem maritim melanda wilayah pesisir Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu (16/10/2024) pagi dan siang hari. Gelombang tinggi menghantam
Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Sumbar, Warga Diminta Waspada Hingga 18 Oktober
Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Sumata Barat (Sumbar) pada Sabtu-Minggu.
Sejumlah Wilayah di Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Lebat pada 12-13 Oktober, Ini Daerahnya
BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi akan melanda beberapa wilayah di Sumbar dalam tiga hari ke depan.
BMKG: Sumbar Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Sampai 3 Hari ke Depan
Pemko Padang akan menggelar beberapa kegiatan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Kota Padang.
Peringatan Gempa 30 September di Padang Tahun Ini Digelar dengan Nuansa Berbeda
Pemko Padang bakal menggelar Peringatan Gempa 30 September pada tahun ini yang dilaksanakan di Tugu Gempa, depan Museum Adityawarman.
15 Tahun Berlalu, Berikut Rangkaian Peringatan Gempa 30 September di Padang