Langgam.id - Sumatra Barat (Sumbar) memiliki beberapa terowongan kereta api. Terowongan kereta api di Sumbar ini memiliki ciri khas.
Dikutip dari akun Instagram Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang pada Kamis (27/7/2023), ciri khas terowongan kereta api di Sumbar itu yaitu ada yang memiliki rel bergigi.
Selain itu, juga ada terowongan kereta api di Sumbar yang merupakan terowongan kereta api terpanjang kedua di Indonesia.
Berikut terowongan kereta api yang ada di Sumatra Barat:
1. Terowongan Panorama 1 dan 2
Terowongan Panorama 1 dan 2 atau sering disebut juga dengan terowongan Lembah Anai merupakan terowongan kereta api yang dibangun tahun 1891 oleh Belanda.
Terowongan Panorama 1 dan 2 ini memiliki keunikan yaitu memiliki rel gigi. Terowongan ini memiliki panjang 35 meter (Panorama 1) dan 75 meter (Panorama 2).
2. Terowongan KA Lubang Kalam
Terowongan Kereta Api Lubang Kalam terletak di antara Stasiun Muaro Kalaban-Stasiun Sawahlunto. Terowongan ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1892-1994.
Terowongan ini memiki panjang 828 meter dan menjadikannya sebagai terowongan kereta api terpanjang kedua di Indonesia yang dibangun oleh Belanda.
Dahulu jalur ini digunakan untuk mengangkut batu bara menggunakan gerbong kereta secara massal menuju Pelabuhan Teluk Bayur untuk dipasarkan ke berbagai belahan dunia terutama Eropa.
3. Terowongan Kupitan
Terowongan kereta api ini berada antara Stasiun Muaro Kalaban-Stasiun Padang Sibusuk. Terowongan ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1920.
Terowongan ini selesai dibangun dua tahun kemudian yaitu 1922. Terowongan Kupitan ini memiliki panjang 600 meter. (yki)